Pemudik Pengguna Pesawat di Bandara Mulai Meningkat, 5 Bandara AP II Mulai Sibuk Menerima Penumpang

Pemudik Pengguna Pesawat di Bandara Mulai Meningkat, 5 Bandara AP II Mulai Sibuk Menerima Penumpang

pesawat terbang-ist-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Selama arus mudik lebaran 2024 di seluruh wilayah bandara pesawat terbang mulai sibuk menerima keberangkatan dan kedatang sejumlah penumpang pengguna pesawat.

Dari operasional dan pelayanan di 20 bandara PT Angkasa Pura II di puncak arus mudik sudah perlahan-lahan meningkat. Jumlah pergerakan penumpang pesawat di bandara-bandara yang dikelola AP II secara kumulatif mencapai 313.170 penumpang.

BACA JUGA:Hari Ini!! Arus Mudik Lebaran Antar Kabupaten dan Kota di Jambi Mulai Meningkat

Diantaranya, ada lima bandara AP II tersibuk pada H-7 sampai H-4 adalah Bandara Soekarno-Hatta (658.607 penumpang), Bandara Kualanamu di Deli Serdang (97.891 penumpang), Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru (46.320 penumpang), Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta (45.291 penumpang) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang (42.125 penumpang).

Selain itu, AP II juga mengelola 15 bandara lainnya yakni Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), dan Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang).

BACA JUGA:101.178 Kendaraan Sudah Mulai Melakukan Perjalan Mudik Lebaran 2024 Lewat Gerbang Tol

Kemudian, Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkalpinang), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangka Raya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Husein Sastranegara (Bandung), dan Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).

Berikut, beberapa tips mudik Lebaran 2024 menggunakan pesawat diantarannya sebagai berikut:

Persiapan:

1. Pesan Tiket Sejak Jauh-Jauh Hari:

Harga tiket pesawat biasanya naik menjelang Lebaran. Oleh karena itu, pesanlah tiket pesawat sejak jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Anda dapat memesan tiket pesawat melalui situs web maskapai penerbangan, agen perjalanan online, atau agen perjalanan offline.

2. Pilih Waktu Penerbangan yang Tepat:

Hindari memilih waktu penerbangan pada puncak arus mudik Lebaran. Pilihlah waktu penerbangan yang lebih sepi agar terhindar dari keramaian dan antrian panjang di bandara.

3. Siapkan Dokumen Penting:

Siapkan dokumen penting seperti KTP, SIM, dan tiket pesawat. Pastikan dokumen-dokumen tersebut dalam keadaan baik dan tidak rusak.

4. Periksa Aturan Bagasi:

Setiap maskapai penerbangan memiliki aturan bagasi yang berbeda-beda. Pastikan Anda mengetahui aturan bagasi maskapai penerbangan yang Anda pilih agar tidak dikenakan biaya tambahan.

5. Packing Secukupnya:

Bawa barang bawaan secukupnya untuk menghindari biaya bagasi yang berlebihan. Bawalah pakaian yang sesuai dengan cuaca di kampung halaman dan perlengkapan mandi yang diperlukan.

BACA JUGA:Gratis!! Lewat Tol Solo - Yogyakarta Selama Mudik Lebaran 2024

6. Siapkan Uang Tunai:

Siapkan uang tunai untuk keperluan selama mudik, seperti membeli makanan, minuman, dan oleh-oleh.

Sumber: