Gratis!! Lewat Tol Solo - Yogyakarta Selama Mudik Lebaran 2024

Gratis!! Lewat Tol Solo - Yogyakarta Selama Mudik Lebaran 2024

Tol Solo - Yogyakarta -ist-

JEKTVNEWS.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka gratis secara fungsional ruas gerbang tol Solo - Yogyakarta - New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan ruas Kartasura - Klaten.

Dikatakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa, ruas gerbang tol sepanjang 22,3 kilometer tersebut dibuka secara fungsional guna mengurai kemacetan saat arus mudik dan arus balik Idul fitri 2024, serta mempersingkat waktu tempuh.

"Masyarakat dari Solo menuju Yogyakarta bisa masuk dari gate Colomadu atau Kartasura baik dari arah Semarang atau dari arah Surabaya dan keluar di gate Ngawen sepanjang 22,3 kilometer, sehingga sudah bisa melewati sekitar 38 traffic light antara Solo-Yogyakarta sehingga diharapkan dapat mengurai kemacetan," katanya saat meninjau langsung jalan tol Solo - Yogyakarta  di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (6/4).

BACA JUGA: Kapolres Tanjab Barat Tinjau Arus Lalin Jalintim Perbatasan Jambi – Riau

Jalan Tol Solo/Kartasura - Klaten akan mulai difungsionalkan mulai 5 -15 April 2024 pada pukul 06.00-17.00 WIB. Selama masa fungsional, jalan tol ini hanya dapat dilalui oleh kendaraan Golongan I yaitu roda empat non bus.

Sementara, sejauh ini sejumlah mobil-mobil mulai banyak menggunakannya searah dari Solo/Kartasura ke Klaten sesuai pengaturan Kepolisian setempat

Ditambahkan, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian menyampaikan bahwa, dengan fungsionalnya ruas Solo/ Kartasura - Klaten dapat dipangkas hingga 50 persen lebih cepat.

“Untuk waktu tempuh melalui jalan nasional Solo/Kartasura - Klaten, kurang lebih sekitar 50-60 menit. Sementara dengan jalan tol fungsional, waktu tempuhnya menjadi sekitar 25-30 menit saja,” ujar Dirjen Hedy dalam siaran persnya.

BACA JUGA:Momen Ramadan, KONI Provinsi Jambi Buka Puasa Bersama Cabor dan Atlet

Dirjen Hedy berharap, ruas tol ini dapat membuat nyaman para pemudik karena sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dasar sehingga memudahkan seperti layanan informasi, BBM Mobile Jalan Tol, PJR (Patroli Jalan Raya), tenaga medis, kendaraan derek, hingga toilet.

"Diharapkan, perjalanan mudik yang melalui jalan tol fungsional Solo/Kartasura hingga Klaten menjadi semakin nyaman dan singkat waktu tempuhnya,” katanya.

Mudik Lebaran 2024 Lewat Gerbang Tol

Mudik Lebaran 2024 diprediksi akan kembali ramai setelah dua tahun dilanda pembatasan akibat pandemi Covid-19. Jalur tol menjadi pilihan utama para pemudik untuk menghindari kemacetan di jalur arteri.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mudik Lebaran lewat gerbang tol:

1. Pastikan kondisi kendaraan prima

BACA JUGA:Jelang Lebaran, Sejumlah Hewan Peliharaan Kucing Mulai Dititipkan Di Aisy Cat Shop

Sebelum berangkat, lakukan servis kendaraan secara menyeluruh, periksa oli, rem, ban, dan komponen penting lainnya. Pastikan kondisi kendaraan prima untuk perjalanan jauh.

2. Ketahui rute perjalanan

Sebelum berangkat, pelajari rute perjalanan yang akan dilalui. Pastikan Anda mengetahui lokasi gerbang tol masuk dan keluar.

3. Patuhi peraturan lalu lintas

Patuhi peraturan lalu lintas yang berlaku di jalan tol, seperti batas kecepatan dan marka jalan.

4. Berkendara dengan tertib

Hindari mengemudi dengan ugal-ugalan dan selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan.

5. Istirahatlah di rest area

Jika merasa lelah, istirahatlah di rest area. Jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi.

6. Siapkan bekal makanan dan minuman

Siapkan bekal makanan dan minuman untuk perjalanan. Hal ini untuk menghemat waktu dan biaya selama perjalanan.

7. Perhatikan kondisi cuaca

Perhatikan kondisi cuaca sebelum berangkat. Jika cuaca buruk, pertimbangkan untuk menunda perjalanan.

8. Bawalah obat-obatan pribadi

BACA JUGA:Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Bandara Soekarno-Hatta Mencapai 188.795 Penumpang

Bawalah obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga jika diperlukan.

9. Pastikan nomor handphone aktif

Pastikan nomor handphone aktif selama perjalanan. Hal ini untuk memudahkan komunikasi jika terjadi sesuatu.

Sumber: