Menkes Budi Berikan 3 Pesan Kesehatan dalam Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan

Menkes Budi Berikan 3 Pesan Kesehatan dalam Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin-kemenkes-

JEKTVNEWS.COM - Pemerintah Indonesia telah menetapkan ibadah puasa Ramadan 1445 hijriah (H) pada Selasa 12 Maret 2023. Maka dari itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memberi pesan Kesehatan untuk masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa.

Pertama, agar masyarakat selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan tidak lupa mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan minum. Kedua, konsumsi makanan bergizi dan berserat dan kurangi makanan yang mengandung lemak dan garam berlebih.

BACA JUGA:Keistimewaan Menjalankan Puasa di Bulan Ramadan 1445 Hijriah di Wilayah Jambi

"Ketiga, konsumsi air putih yang cukup agar selama puasa tidak mengalami dehidrasi dan kurangi minuman yang mengandung pemanis buatan," kata Menkes Budi melalui video yang disiarkan di Youtube Kemenkes pada Senin (11/3).

BACA JUGA:5 Makanan Sahur Khas Wilayah Jambi yang Wajib Dicoba

Lanjutnya, selain itu masyarakat juga diimbau harus menjaga kebugaran tubuh dengan lakukan aktifitas fisik seperti olah raga, bekerja, dan tidak merokok.

Menkes Budi mengajak masyarakat Indonesia bersama teman, sahabat, dan keluarga untuk menjalani ibadah puasa dengan tubuh yang sehat dan bugar.

BACA JUGA:5 Makanan Sahur Khas Wilayah Jambi yang Wajib Dicoba

"Insya Allah kita jadikan ibadah puasa Ramadan 2024 menjadi yang terbaik. Mari kita senantiasa meningkatkan iman dan takwa agar meraih kemenangan di Ramadan tahun ini. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan 1445 Hijirah," kata Menkes Budi.

Sumber: