Suwandi dan Rifani Terpilih Pimpin AJI Jambi, Diprediksi Hadapi Ancaman Lebih Besar di Pemerintahan Baru

Suwandi dan Rifani Terpilih Pimpin AJI Jambi, Diprediksi Hadapi Ancaman Lebih Besar di Pemerintahan Baru

Suwandi dan Rifani Terpilih Pimpin AJI Jambi-Ist-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM – Suwandi terpilih menjadi Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) JAMBI periode 2024-2027. Ia didampingi Rifani Halim sebagai Sekretaris AJI JAMBI.

Mereka terpilih dalam Konferta ke-V yang digelar di Mahligai Tower, Telanaipura, Kota Jambi, Sabtu (3/2). Keduanya mengungguli pasangan calon pengurus, yakni Gresi Plasmanto dan Sandi. 

Suwandi dan Rifani meraih 14 suara, sedangkan Gresi dan Sandi mendapatkan 8 suara.

BACA JUGA:Plt Kajati Jambi Melakukan Kunjungan Ke Merangin

Selain ketua dan sekretaris, dalam konferta itu dibentuk pula Majelis Etik, dan Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) AJI Jambi. Majelis Etik AJI Jambi diemban oleh Jon Afrizal, Lily Rambe, dan Kurnia Sandi. Sedangkan MPO diduduki oleh Suang Sitanggang, Gresi Plasmanto, dan Mareza Sutan AJ.

Suwandi kala itu sempat mengungkapkan visi dan misi hingga program yang akan diwujudkannya. Ia akan membuat program yang menekankan anggota sejahtera, inklusi, dan kompak yang disingkat ASIK. 

Ketua AJI Jambi baru itu akan mendirikan sekolah AJI. Tidak hanya untuk membentuk regenerasi jurnalis berkompeten, tetapi juga menjadikannya sebagai program yang memberdayakan para anggota organisasi tersebut.

“Kami, AJI Jambi, akan mendirikan sekolah AJI untuk membantu kawan-kawan yang memiliki gaji minim. Program ini menjadi tambahan. Banyak kawan AJI yang sudah profesional sehingga tidak ada salahnya kita berdayakan untuk membuat kelas-kelas, bisa jadi botcamp. Yang pasti itu bisa menjadi penghasilan tambahan untuk kawan-kawan,” kata jurnalis Kompas.com itu di hadapan para anggota dan pengurus AJI.

BACA JUGA:Plt Kajati Jambi Melakukan Kunjungan Ke Merangin

Suwandi bersama pengurus lainnya juga akan mengadakan pelatihan dan fellowship untuk meningkatkan kapasitas sekaligus menjadi pemasukan bagi para peserta. Menariknya, ada pula AJI Jambi Awards.

“Ilmu yang ada harus terus kita tularkan, dan banyaki untuk workshop dan fellowship ini. Kami akan menagajukan AJI Jambi Award untuk kawan yang menghasilkan liputan mendalam dan investigasi. Kemudian akan mengapresiasi Lembaga atau individu yang mengharagi kebebsan pers, berpendapat, dan berekspresi,” kata Suwandi

Tidak lupa, ia akan mengembangkan jaringan AJI Jambi di tingkat lokal hingga internasional bila diperlukan, yang sejalan dengan semangat AJI dan tidak melanggar kode etik.

“Kami pun akan merangkul dan melibatkan semua anggota dalam berbagai kegiatan untuk belajar bersama saling asah, asuh, dan asih (mengasihi). Kita sama-sama belajar dan mengembangkan diri,” katanya.

Tantangan yang Akan Dihadapi

Sumber: