Peran Sistem Logistik di Indonesia, Wapres Ma’ruf Amin Minta DPP ALFI Berikan Kajian

Peran Sistem Logistik di Indonesia, Wapres Ma’ruf Amin Minta DPP ALFI Berikan Kajian

Wapres Ma’ruf Amin Minta DPP ALFI Berikan Kajian-Wapresri-

JEKTVNEWS.COM - Logistik, mulai dari pendistribusian produk hingga proses pemasaran yang lebih baik, memainkan peran yang sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Namun, dalam implementasi, masalah sering muncul saat mengharmonisasi peraturan hingga biaya yang tinggi.

Oleh karena itu, berbagai bagian industri logistik, termasuk Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), harus dapat memaksimalkan peran logistik. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan melakukan penelitian lebih lanjut tentang rencana praktik baik yang konkret.

AlfI sedang mencari model terbaik untuk penerapan sistem logistik. Mungkin ada beberapa model sistem yang diajukan. Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin menegaskan saat menerima audiensi Dewan Pengurus Pusat (DPP) ALFI di Kediaman Resmi Wapres, Selasa (20/2).

BACA JUGA:Sesuai Inpres, Ruas Kepi-Mur di Kabupaten Kepi, Papua Selatan Selesai Diperbaikin

Wapres juga menyatakan bahwa, sebagai orang yang paling memahami keadaan di lapangan, pelaku usaha memulai penelitian ini, yang sangat penting.

Pengusaha yang benar-benar tahu dan menyelami dapat memahami lokasi dan masalahnya. Wapres menambahkan, "Harusnya bisa membuat konsep yang coba diajukan ke pemerintah."

Wapres menyarankan agar DPP ALFI mempelajari sistem-sistem yang telah berhasil di negara lain dalam kaitannya dengan referensi praktik terbaik ini.

Kita menentukan praktik terbaik. Apa yang dimiliki Thailand? Kita bisa mengambil beberapa sistem investasi dari Thailand. Wapres menambahkan, "Saya kira kita bisa mencari dalam hal logistik."

Menutup pidatonya, Presiden kembali menekankan bahwa para pelaku usaha harus memberikan umpan balik tentang skema model terbaik dan berharap tanggapan dari ALFI tentang bagaimana memperkuat sistem logistik Indonesia.

BACA JUGA:Wagub Sani Pemprov Targetkan Angka Stunting Turun Sebesar 12 Persen di Tahun 2024

“Supaya kita bisa bersaing, bisa kompetitif di dalam menghadapi masalah ini. Apalagi kalau kita sudah mulai go global,” tegas Wapres.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP ALFI M. Akbar Djohan melaporkan tentang kepengurusan DPP ALFI masa bakti 2023-2028. Pada kesempatan yang sama, Akbar juga memaparkan tantangan- tantangan yang ditemui pada sistem logistik di lapangan.

Ia pun berharap, ke depan pemerintah dapat mempertimbangkan adanya badan nasional untuk menaungi urusan logistik dan forwarder ini agar aturan-aturan yang telah diterbitkan oleh berbagai kementerian teknis yang terkait dapat diharmonisasi, sehingga implementasi di lapangan dapat berjalan dengan baik.

“Harapan pelaku logistik, adanya rumah besar Badan Logistik Nasional yang menaungi dari Sabang sampai Merauke,” harap Akbar.

Selain Ketua Umum DPP ALFI M. Akbar Djohan, hadir dalam pertemuan ini Sekretaris Jenderal DPP ALFI Iman Gandi Mihardja, Wakil Ketua Umum Bidang Maritim dan Pelabuhan DPP ALFI Harry Sutanto, Wakil Ketua Umum Bidang Angkutan Udara DPP ALFI Ardani Pratama Yahya, Bendahara Umum DPP ALFI Wisnu Petalolo, dan Humas DPP ALFI Poppy Z.

Sumber: