Budi Arie Setiadi Menjabat Sebagai Menteri Luar Negeri Ad Interim, Kemenlu RI Beri Klarifikasi

Budi Arie Setiadi Menjabat Sebagai Menteri Luar Negeri Ad Interim, Kemenlu RI Beri Klarifikasi

Budi Arie Setiadi Menjabat Sebagai Menteri Luar Negeri Ad Interim, Kemenlu RI Beri Klarifikasi--kemlu.go.id

JEKTVNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia memberikan klarifikasi terkait penunjukan Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, sebagai Menteri Luar Negeri Ad Interim oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu, 20 Januari 2024. Lalu Muhamad Iqbal, juru bicara Kemlu RI, menegaskan bahwa penunjukan Menteri Ad Interim adalah hal yang lumrah dalam kabinet pemerintahan. Dalam pernyataan singkat yang ia sampaikan Minggu, 21 Januari 2024 Budi Arie sebut jika hal itu biasa dalam pemerintahan disaat menteri yang menjabat sedang tidak berada di Indonesia.

BACA JUGA:Analisis dan Proyeksi IHSG Melemah Terkena Dampak Saham BBCA, ASII, dan BREN

Menurut pernyataan Kementerian Komunikasi dan Informatika, penunjukan Budi Arie sebagai Menlu Ad Interim berdasarkan surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-69/M/D-3/AN.00.03/01/2024 tertanggal 19 Januari 2024 yang ditujukan kepada Menteri Kominfo. Penunjukan ini dilakukan untuk sementara menggantikan Menlu RI Retno Marsudi, yang sedang melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. "Berkenaan dengan surat Menteri Luar Negeri Nomor 017/BK/01/2024/01 tanggal 17 Januari 2024, yang ditujukan kepada Presiden, hal Permohonan Izin Melakukan Perjalanan Dinas ke Luar Negeri, dengan hormat kami beritahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Komunikasi dan Informatika sebagai Menteri Luar Negeri Ad Interim," bunyi surat tersebut.

BACA JUGA:Pengukuhan LAM Desa Danau Sarang Elang, Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Harapkan Pengurus Bisa Menjadi Tauladan

Kemenkominfo menegaskan bahwa penunjukan Budi Arie sebagai Menlu Ad Interim berlangsung selama Retno Marsudi melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Retno tengah melaksanakan tugas ke luar negeri selama 21-22 Januari untuk menghadiri beberapa pertemuan, termasuk debat di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat. Walaupun isu mundur sejumlah menteri kabinet Jokowi terdengar santer, termasuk isu mundurnya Menlu Retno, namun Retno membantah hal tersebut. Saat ditanya terkait isu mundur, Retno menyatakan bahwa dirinya sedang mempersiapkan diri untuk debat di DK PBB mengenai Gaza. Dengan penunjukan Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Luar Negeri Ad Interim, pemerintah Indonesia berupaya menjaga kelancaran urusan luar negeri selama Menlu Retno Marsudi berada di luar negeri. Meski begitu, publik tetap mengikuti perkembangan situasi politik di tengah isu mundur sejumlah menteri yang tengah mencuat.

 

Sumber: