Kenaikan Harga Cabai, Pemerintah Kota Jambi akan Intervensi Subsidi Harga

Kenaikan Harga Cabai, Pemerintah Kota Jambi akan Intervensi Subsidi Harga

Pemerintah Kota Jambi akan Intervensi Subsidi Harga-ist-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Komoditas pangan cabai mendapat perhatian khusus Penjabat (Pj) Wali Kota JAMBI, Sri Purwaningsih. Terlebih pada akhir 2023 lalu, saat Natal dan Tahun Baru (Nataru), terjadi kenaikan luar biasa harga jual cabai di Kota JAMBI.

Sebagai langkah antisipasi dan strategi kontingensi, Pemerintah Kota Jambi mengumpulkan para distributor dan agen cabai yang ada di Kota Jambi untuk duduk bersama, berdiskusi terkait kebijakan pengendalian dan stabilisasi harga Pemerintah Kota Jambi.

Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Bappeda Kota Jambi, Selasa siang (16/1/2024) tersebut dipimpin langsung oleh Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih.

BACA JUGA:Polda Jambi Jalin Kerjasama PT Pos Indonesia Guna Pengiriman Barang

Turut mendampingi  Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih, Sekretaris Daerah Kota Jambi A. Ridwan, Asisten Sekda Amirullah, Perwakilan BI Provinsi Jambi, Perum Bulog, dan pejabat dari jajaran Pemerintah Kota Jambi.

"Secara nasional cabai memengaruhi inflasi secara umum. Pemerintah sebenarnya tidak bisa mengintervensi harga pasar terlalu jauh, namun jika ada perubahan harga yang terlalu tinggi di tengah masyarakat, yang terjadi di pasar, pemerintah akan mengintervensi," jelas Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di hadapan agen dan distributor cabai se-Kota Jambi.

BACA JUGA:Wendy Red Velvet Siap Comeback Solo dengan Album Baru

Pemkot Jambi Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih, akan memetakan distributor, agen, sub agen, dan pengecer yang ada diseluruh pasar di Kota Jambi.

"Tujuannya adalah untuk memastikan cabai terdistribusi hanya untuk masyarakat Kota Jambi, sehingga saat Pemkot mengintervensi, pada saat terjadi kenaikan harga yang tinggi, kita akan subsidi, membayar selisih harga beli dengan harga jual," ungkap Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih.

"Saya ingin memastikan daya beli masyarakat tetap tinggi, dengan harga yang terjangkau, barang tersedia dan aliran distribusi barang yang lancar. Disperindag nanti akan turun ke pasar memetakan dan mendata agen, pengecer. Untuk subsidi ongkos angkut, akan dibantu oleh Bank Indonesia," tambah Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih.

BACA JUGA:Pertama, Pembangunan Memorial Park IKN, Presiden Jokowi : Para Pahlawan Pendiri Bangsa

Langkah yang diambil oleh Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih tersebut disambut baik oleh agen dan distributor cabai seKota Jambi. Dalam sesi diskusi yang diberikan dalam rapat tersebut, agen memanfaatkan kesempatan itu untuk berdiskusi banyak hal bersama Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih.

Sumber: