Pertama, Pembangunan Memorial Park IKN, Presiden Jokowi : Para Pahlawan Pendiri Bangsa

Pertama, Pembangunan Memorial Park IKN, Presiden Jokowi : Para Pahlawan Pendiri Bangsa

Pembangunan Memorial Park IKN, Presiden Jokowi : Para Pahlawan Pendiri Bangsa-Ist -

JEKTVNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Memorial Park Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kab. Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024). 

“Negara besar Indonesia ini merdeka karena jasa para pahlawan dan pejuang bangsa. Memorial Park ini nantinya akan menjadi penghormatan kita kepada para para pahlawan pendiri bangsa yang telah bekerja keras untuk memerdekakan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

BACA JUGA:Gubernur BI Proyeksikan Perekonomian Global dan Nasional: China Melambat, AS Menguat

Memorial Park IKN yang ditargetkan selesai pada Desember 2024 ini dibangun dengan konsep monumental yang menggambarkan “pecahnya telur” perjuangan panjang yang menghasilkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sosok Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta diwujudkan dalam patung dengan cangkang telur dan burung garuda setinggi 18 meter.

BACA JUGA:Menteri PAN-RB 249.930 Honorer Lulus Seleksi CASN 2023, Penataan ASN dan PPPK Terus Dilakukan!

Dengan luas 2.034,00 m2, Memorial Park ini terdiri dari area altar seluas 1.690 m2 dan akses tangga seluas 344 m2 serta dilengkapi dengan infrastruktur jalan dan lanskap. 

Memorial Park IKN dibangun terintegrasi dengan Kawasan Plaza Sipil dan Beranda Nusantara seluas 12 hektare yang memanfaatkan titik tertinggi kedua di KIPP IKN setelah Istana Presiden. 

BACA JUGA:Kunker, Mentan RI Andi Amran Lakukan Akselerasi Pangan Kepada Petani

Memorial Park ini melengkapi berbagai fasilitas yang telah dibangun di IKN, termasuk untuk mempersiapkan pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan pada Agustus 2024. 

Sumber: