Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Karian di Banten

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Karian di Banten

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Karian di Banten-Ist -

JEKTVNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mendagri, Menteri ATR/BPN, PJ Gubernur Banten dan PJ Bupati Lebak Iwan Kurniawan meresmikan Bendungan Karian di Banten yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Senin (8/1/2024).

Presiden mengatakan, Bendungan Karian yang merupakan salah bendungan multifungsi terbesar di Indonesia dengan volume tampungan 315 juta m3 dan luas genangan 1.773 ha ini akan bermanfaat bagi masyarakat di Banten, DKI Jakarta dan sebagian Jawa Barat. 

BACA JUGA:Musrenbang Kecamatan Kuala Betara Tahun 2025, Sekda Tanjab Barat: Menjadi Acuan dan Bahan Masukan

“Pertama, manfaat irigasi bagi 22.000 ha sawah. Kedua, memenuhi kebutuhan air baku dengan kapasitas 10,6 m3/detik untuk Kab. Serang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kab. Lebak, Kab. Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kota Jakarta Barat, dan Kab. Bogor,” jelas Presiden Jokowi.

Bendungan Karian juga akan mengurangi banjir di kawasan hilir bendungan sebesar 60,8 juta m3 dengan mereduksi genangan seluas 164 ha di Kec. Rangkasbitung, Kab. Lebak dan 1.027 ha di Kabupaten Serang. 

BACA JUGA:Camat Alam Barajo Kota Jambi Iper Riyansuni Mendapatkan Penghargaan Sebagai Camat Teladan Se Provinsi Jambi

Selain itu bendungan ini akan bermanfaat sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) dengan kapasitas 1,8 MW. 

Sumber: