Sering Kekeringan, Menko PMK Rencanakan Pembuatan Sumur untuk Masyarakat

Sering Kekeringan, Menko PMK Rencanakan Pembuatan Sumur untuk Masyarakat

Sering Kekeringan, Menko PMK Rencanakan Pembuatan Sumur untuk Masyarakat-Ist -

JEKTVNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut pemerintah saat ini sedang melakukan pengeboran sumur dalam di wilayah yang sering mengalami kekeringan.

Ketersediaan air bersih sebagai salah satu upaya menghapus kemiskinan ekstrem serta stunting di desa-desa. 

BACA JUGA:Gelar Adat Jambi ke 13 Tokoh, Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Mari Sama-sama Bangun Jambi

"Alat yang kita pergunakan saat ini dibantu dari Kementerian terkait untuk mengebor sumur air bersih di Desa Duren nantinya air tersebut digunakan sehari-hari oleh penduduk desa setempat. Sehingga warga desa tidak mengalami kesulitan air bersih saat kemarau panjang nantinya," Jelas Menko Muhadjir, Rabu (3/1/2024). 

Menko Muhadjir juga menjelaskan bahwa kebutuhan air bersih dan air minum untuk Indonesia saat ini masih sangat tinggi terutama daerah-daerah yang tidak memiliki air secara permukaan yang cukup. Karena itu, diperlukan pengeboran air dalam.

BACA JUGA:Sutan Adil Hendra Terima Gelar Adat Bandar Mulio Utamo dari LAM Jambi

Ketersediaan air bersih dan air minum juga penting untuk mencegah stunting dan dapat membantu menghapuskan kemiskinan ekstrem.

Karena kedua isu tersebut memiliki persamaan dalam penanganannya yakni pertama mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin, kemudian yang kedua mendorong supaya keluarga miskin yang masih produktif bisa berproduksi sehingga pendapatannya naik. 

"Karena itu setiap desa dengan Dana Desa itu diupayakan harus bisa menciptakan pekerjaan sehingga para warga sekitar mendapatkan tambahan," ujarnya.

BACA JUGA:Sempat Dikabarkan Terowongan Cisumdawu Retak, Menteri PUPR Basuki Tinjau Langsung

Warga yang diwakili Kepala Desa Duren berterimakasih kepada Menko Muhadjir karena dapat mengurangi beban pengeluaran 173 KK untuk membeli air bersih.

Selanjutnya pengelolaan sumur bor dipastikan dapat melibatkan masyarakat sehingga berpeluang membuka lapangan pekerjaan.

Sumber: