Rekrutmen CPNS 2024, Pemerintah Fokus pada Fresh Graduate dan Talent Digital!

Rekrutmen CPNS 2024, Pemerintah Fokus pada Fresh Graduate dan Talent Digital!

Rekrutmen CPNS 2024, Pemerintah Fokus pada Fresh Graduate dan Talent Digital!--

JEKTVNEWS.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan informasi terbaru terkait rencana rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024. Menurutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) diperkirakan akan mengumumkan rekrutmen tersebut secara langsung pada minggu pertama Januari 2024. Abdullah Azwar Anas memberikan keterangan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada Jumat, 29 Desember 2023. Ia menyampaikan bahwa jumlah formasi yang akan dibuka belum dapat diumumkan saat ini, namun diprediksi bahwa rekrutmen CPNS 2024 akan mendapat perhatian khusus, terutama bagi lulusan baru atau fresh graduate.

BACA JUGA:Dinamika Pasar Modal Indonesia, Daftar Top Gainers dan Top Losers Tahun 2023

"Jadi jumlahnya saya belum bisa umumkan hari ini karena nanti di bulan pertama, Januari minggu pertama presiden akan mengumumkan. Nanti ada kita akan menyelesaikan yang 1,6 juta PPPK. Ini nanti akan kita beresin. Tentu nanti skenarionya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," ungkap Azwar Anas. Keputusan pemerintah untuk memfokuskan pemenuhan formasi PNS pada pelayanan dasar, terutama guru dan tenaga kesehatan, juga menjadi sorotan. Azwar Anas menjelaskan bahwa proyeksi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024 akan mencakup instansi pusat, instansi daerah, dan lulusan sekolah kedinasan.

Sementara banyak formasi PNS akan diperuntukkan bagi fresh graduate, Azwar Anas menekankan bahwa pemerintah akan memperhatikan kebutuhan talenta digital dalam rekrutmen ini. Beliau menyatakan bahwa fokus rekrutmen fresh graduate akan difokuskan pada talenta digital untuk mendukung digitalisasi pemerintahan. "Selama ini belum ada rekrutmen (untuk fresh graduate) kecuali Kejaksaan kemarin, dan totalnya cukup besar tahun ini, jumlah detailnya nanti akan diumumkan oleh bapak presiden," jelas Azwar Anas.

BACA JUGA:OJK Dorong Pertumbuhan Pasar Modal Melalui Regulasi Perdagangan Karbon

Tentang jenis talenta digital yang dicari, Azwar Anas mengklarifikasi bahwa fokusnya bukan pada bidang marketing digital seperti pinjaman online, melainkan pada sektor hulu digital, seperti digitalisasi di sektor pertanian. Langkah ini diharapkan dapat mengoptimalkan pemanfaatan teknologi di sektor-sektor kritis untuk kemajuan pelayanan publik. Azwar Anas juga mengungkapkan adanya arahan khusus dari Presiden Jokowi terkait rekrutmen CPNS fresh graduate tahun 2024. Menurutnya, Presiden ingin melihat lebih banyak fresh graduate yang ditempatkan di kawasan Industri Kreatif Nasional (IKN).

"Dan beliau (Jokowi) minta fresh graduate yang hebat-hebat nanti salah satunya diberi ruang banyak di IKN," tambah Azwar Anas. Dengan adanya fokus pada fresh graduate dan talenta digital, rekrutmen CPNS 2024 diharapkan tidak hanya memenuhi kebutuhan aparatur negara, tetapi juga memberikan peluang yang lebih besar bagi para lulusan baru untuk berkontribusi dalam memajukan sektor-sektor strategis di Indonesia.

BACA JUGA:Soal KPK, Wapres Ma’ruf Amin : Saya Kira itu Prosesnya Sudah Betul

Sumber: