Peresmian Stasiun Pompa Ancol Sentiong, Presiden Jokowi: Stasiun Pompa Terbesar di Indonesia

Peresmian Stasiun Pompa Ancol Sentiong, Presiden Jokowi: Stasiun Pompa Terbesar di Indonesia

Peresmian Stasiun Pompa Ancol Sentiong-Ist -

JEKTVNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meresmikan Stasiun Pompa Ancol Sentiong di Jalan R.E Martadinata, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (11/12).

“Kita harapkan dengan selesainya Stasiun Pompa Ancol Sentiong ini, banjir di Jakarta bisa berkurang hingga kurang lebih 62%. Ini adalah stasiun pompa tebesar di Indonesia, kita harapkan mengurangi banjir di 7 kecamatan di DKI Jakarta,” kata Presiden Jokowi. 

Sementara Menteri Basuki mengatakan, dengan adanya pompa ini elevasi air dapat dijaga sehingga 7 kecamatan di Jakarta bisa terlindungi dari pasang air laut.

Stasiun pompa ini merupakan bagian dari rencana induk pengendalian banjir Jakarta. Sebelumnya Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi telah dibangun di bagian hulu serta Sodetan Ciliwung di bagian tengah untuk mengalirkan sebagian debit banjir Sungai Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur. 

Pembangunan Stasiun Pompa Ancol Sentiong meliputi pembangunan 5 pompa banjir tipe submersible masing-masing berkapasitas 10 m3/detik serta pembangunan tanggul dan normalisasi kali sepanjang 350 m. 

BACA JUGA:TNI AL Panggil Putra-Putri Terbaik Bangsa Bergabung Menjadi Prajurit Jalasena 2024

Stasiun pompa ini akan mereduksi dan mengendalikan 8 titik banjir di 7 kecamatan seluas 879 ha yakni Kec. Pademangan, Tanjung Priok, Kemayoran, Cempaka Putih, Johar Baru, Matraman, dan Senen.

Saat ini pengendalian banjir Jakarya juga tengah dilanjutkan dengan normalisasi Sungai Ciliwung dan pembangunan tanggul pantai di Jakarta Utara. 

BACA JUGA:3 Langkah Alternatif Pembiayaan Infrastruktur

Turut hadir dalam peresmian tersebut Menteri ATR/BPN Hari Tjahjanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi.

Sumber: