Indonesia-Korea, Provinsi Jambi Jadi yang Pertama Miliki Kenali Peatland Education Center

Indonesia-Korea, Provinsi Jambi Jadi yang Pertama Miliki Kenali Peatland Education Center

Indonesia-korea, Provinsi Jambi Miliki Kenali Peatland Education Center-Sandi/Jektvnews -

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Pemerintah Indonesia melalui Provinsi JAMBI bersama negara Korea Selatan turut menyuarakan merawat dan menjaga lahan gambut yang ada di wilayah JAMBI.

Melalui program kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan, Provinsi Jambi menjadi wilayah yang pertama kali diresmikannya Inaugurasi of Kenali Peatland Education Center di kawasan taman hutan pinus pal X Kota Jambi.

Kegiatan peresmian tersebut, diresmikan oleh Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, Plt Direktur Pengendalian Kerusakan Ekosistem Gambut Kementerian LHK, Nety Widayati, Director of Korea-Indonesia Forest Cooperation Center, Cho Junkuy, dan Deputy director general Forest resources division of Korea Forest service, Lee, Yong Kwon.

Plt Direktur Pengendalian Kerusakan Ekosistem Gambut Kementerian LHK, Nety Widayati mengharapkan, Jambi Kenali Peatland Education Center, bisa bermanfaat dan mengedukasi generasi muda di Jambi terhadap ekosistem gambut.

BACA JUGA:COP28 UNFCCC, Dunia Puji Aksi Iklim Indonesia

“Ini yang pertama dibangun di Indonesia, semoga menjadi contoh pemda lain. Secara resmi Kenali Peatland Education Center kami serahkan kepada Pemprov Jambi. Kenali Peatland Education Center adalah proyek kerjasama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Korea,” katanya, Kamis (7/12).

Sementara, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani mengungkapkan, harus ada peran serta masyarakat, Pemerintah dan pihak lainnya dalam mengembalikan ekosistem lahan gambut sebagaimana mestinya.

"Bentuk komitmen kami adalah menjaga ekosistem gambut, membentuk kelembagaan yang berperan aktif dalam pengelolaan lahan gambut di Provinsi Jambi," ujarnya.

BACA JUGA:Ketahui Jenis Pembangkit Listrik di Indonesia, Salah Satunya Menggunakan Tenaga Nuklir!

Provinsi Jambi, Abdullah Sani menyebutkan bahwa lahan gambut ada sekitar 617 ribu hektar di Jambi.

"Kawasan gambut berada di Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Tanjab Timur," sebutnya.

Sementara itu, Deputy Director General of Global Forest Resources Divison of Korea Forest Service, Lee Yong Gwon menyampaikan, pembangunan pusat edukasi ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Korea dan Indonesia 

BACA JUGA:USMC Marforpac Latihan Serangan Raid pada Latma Keris Marex Tahun 2023

“Tujuannya untuk mempertahankan kelestarian ekosistem gambut di HLG Londerang,” katanya.

Sumber: