Dishut Provinsi Jambi Gelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II

Dishut Provinsi Jambi Gelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II

Dishut Provinsi Jambi Gelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II-Jektvnews-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Dengan mengangkat judul peningkatan peran serta masyarakat dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan melalui penguatan (kelompok masyarakat peduli api) KMPA mandiri. Dinas Kehutanan Provinsi Jambi menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan nasional tingkat II pada Senin 13 November 2023 siang.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir serta sekaligus membuka kegiatan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Ahmad Bestari di dampingi oleh para narasumber.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Ahmad Bestari dalam sambutannya menuturkan dalam rangka percepatan pemulihan kawasan dan pengembalian fungsi hidrologis gambut akibat kebakaran hutan dan lahan, maka diperlukan kerjasama serta dukungan dan komitmen yang kuat dalam pengelolaan lahan gambut.

BACA JUGA:Segera Pesan!! 680 Ribu Tiket Kereta di Siapkan Menjelang Nataru

Dirinya juga menyebut komitmen bersama perlu diterapkan sesuai tugas dan fungsi masing masing stakeholder, yang bermuara pada restorasi pengelolaan lahan gambut yang efektif, efisien, dan berkelanjutan dengan memperhatikan kesejahteraan masyarakat.

Menghidupkan dan mengaktifkan para Ketua Pokmas, petugas pemelihara IPG dalam rangka rewetting (pembasahan lahan gambut) merupakan salah satu upaya merehabilitasi ekosistem gambut sehingga diharapkan gambut yang terganggu hidrologinya akan mengalami perbaikan dan gambut akan tetap dalam kondisi basah, sehingga laju degradasi dan potensi kebakaran gambut dapat dicegah.

BACA JUGA:Gubernur Al Haris Lepas Atlet Dayung PODSI Jambi Menuju PRA PON XXI

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan tersebut terdiri dari Babinsa dan Babinkantibmas serta kelompok masyarakat yang berdomisili dikawasan gambut seperti Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur, dan Tanjung Jabung Barat. Berjumlah sebanyak kurang lebih 80 orang.

Pelatihan yang digelar 13 sampai 14 November 2023 tersebut, menghadirkan pemateri dari BMKG Provinsi Jambi, Polda Jambi, KOREM 042 Jambi, serta Dinas Kehutanan Provinsi Jambi. 

Sumber: