Kontingensi Trend Inflasi Pemkot Jambi Gelar Rakor Inflasi

Kontingensi Trend Inflasi Pemkot Jambi Gelar Rakor Inflasi

Kontingensi Trend Inflasi Pemkot Jambi Gelar Rakor Inflasi-Jektvnews-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Beberapa komoditas bahan pokok di Kota Jambi mulai bergerak mengalami kenaikan harga. Terutama komoditas volatile food, seperti beras dan cabai, masih menjadi penyumbang inflasi tertinggi di Kota Jambi.

Menyikapi lonjakan harga sejumlah kebutuhan pokok di masyarakat tersebut, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Jambi melakukan rakor teknis bersama sejumlah OPD di lingkungan Pemkot Jambi, Senin (13/11). 

Rakor tersebut juga merupakan rangkaian Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri. Rakor tersebut dibuka secara langsung oleh Mendagri RI, Tito Karnavian.

BACA JUGA: 6 Syarat untuk Mendapatkan Ilmu yang Berkah dan Bermanfaat

Hadir mengikuti rakor tersebut Sekda Kota Jambi, Drs. H. A. Ridwan, M.Si., Staf Ahli Wali Kota Jambi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Jambi, Amirullah, Forkompimda Kota Jambi, Bulog Jambi, dan OPD terkait di Kota Jambi.

Dikatakan Sekda Kota Jambi, A Ridwan, rakor tersebut diselenggarakan sebagai tindaklanjut menyikapi terjadinya inflasi pada Oktober 2023, untuk dapat diambil kebijakan penanganan terhadap penyebab ataupun kondisi inflasi yang terjadi di Kota Jambi.

“Meski kondisi inflasi kemarin masih di bawah nasional, kita tetap mewaspadai kondisi ini. Apalagi harga beras dan cabai di pasaran sedang naik,” kata A Ridwan.

BACA JUGA:Dianggap Tak Mampu Mengelola Objek Wisata Disparpora Kelola Objek Wisata Kepada Pihak Ketiga

Dari rakor tersebut, A Ridwan menyebutkan, kebijakan yang diambil seperti melakukan operasi pasar maupun intervensi harga-harga kebutuhan pokok yang melejit.

“Mungkin awal-awal Desember kita gelar operasi pasar. Ini juga jelang Nataru,” kata dia.

“Pemkot Jambi bersama seluruh stakeholder yang terlibat, berkomitmen berupaya menjaga stabilitas harga dan mengendalikan inflasi,” kata dia.

Tambahnya, peninjauan lapangan terus menerus dilakukan oleh TPID Kota Jambi, untuk meninjau dan memastikan harga komoditi di pasar terkendali.

BACA JUGA:Luas Lahan Gambut Terbakar Mencapai 100 Hektare

“Intervensi langsung juga didukung oleh Perum Bulog dengan menggelar pasar murah komoditas beras secara rutin disejumlah lokasi di wilayah Kota Jambi,” jelasnya.

Sumber: