Kontingensi Trend Inflasi Pemkot Jambi Gelar Rakor Inflasi

Kontingensi Trend Inflasi Pemkot Jambi Gelar Rakor Inflasi

Kontingensi Trend Inflasi Pemkot Jambi Gelar Rakor Inflasi-Jektvnews-

Lebih lanjut, Pemkot Jambi telah melaksanakan 11 langkah kongkrit upaya penanganan dan stabilisasi laju inflasi di Kota Jambi. 11 langkah kongkrit tersebut di antaranya sidak dan pemantauan secara kontinu komoditas konsumsi masyarakat di berbagai pasar, ritel, dan pergudangan.

Kemudian aktif mengadakan bantuan sosial dan program pengentasan miskin ekstrem, pengadaan bantuan berusaha bagi pelaku UMKM, subsidi BBM bagi angkutan umum, operasi rutin atau intervensi operasi pasar bersama Bulog Jambi, melaksanakan gerakan "Payo Menanam Cabai" dan bawang yang melibatkan masyarakat.

Sementara itu, Kabag Perekonomian Setda Kota Jambi, Hendra Saputra menyebutkan, inflasi di Kota Jambi masih dipengaruhi kondisi harga bahan pangan seperti beras, cabai, dan ayam. Selain itu juga harga tiket pesawat.

BACA JUGA:Kementerian ESDM Ungkap Aturan Izin Penggunaan Air Tanah Mulai Efektif 2027

"Teket pesawat juga merupakan pendorong inflasi Kota Jambi," ujarnya.

“Untuk itu, dalam waktu dekat kita akan sidak pasar, melakukan intervensi dan menjajaki kerja sama dengan daerah penghasil. Seperti Sumsel, OKU, OKI, Lubuk Linggau maupun Curup,” kata Hendra.

Lanjutnya, 11 langkah kongkrit upaya penanganan dan stabilisasi laju inflasi di Kota Jambi cukup membawa dampak positif di Kota Jambi.

“Langkah kongkrit tersebut terbukti efektif menstabilkan laju inflasi di Kota Jambi selama kurun waktu setahun terakhir,” ungkapnya.

BACA JUGA:Empat Pertandingan Seru di Jadwal Piala Dunia U-17 2023 Hari Ini

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi dalam rilis perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK) bulan Oktober 2023, mencatat Kota Jambi mengalami inflasi "month to month" (mtm) sebesar 0,50 persen.

Dengan IHK sebesar 117,43, inflasi "year on year" (yoy) sebesar 2,44 persen. Masih di bawah tingkat inflasi nasional sebesar 2,56 persen dan tingkat inflasi year to date (ytd) sebesar 2,20 persen. Dari 24 kota IHK se-Sumatera, Kota Jambi berada pada peringkat 2 dan peringkat 15 se-Indonesia.

Sumber: