6 Syarat untuk Mendapatkan Ilmu yang Berkah dan Bermanfaat

  6 Syarat untuk Mendapatkan Ilmu yang Berkah dan Bermanfaat

6 Syarat untuk Mendapatkan Ilmu yang Berkah dan Bermanfaat -ist-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - 1. Kecerdasan

Menuntut ilmu adalah kewajibab seseorang untuk bisa memahami apa yang di sampaikan guru untuk dicerna dan dipahami. Dalam hal ini kecerdasan sangat menentukan dari hasil apa yang kita dapatkan selama menimbang ilmu. Kecerdasan ini sudah di miliki tiap manusia, karena manusia lahir tidak ada yang lansung cerdas melainkan karena proses seseorang itu untuk mendapatkan ilmu.

2. Tidak merasa puas dengan yang didapatkan 

Dalam menuntut ilmu merasa tidakpuas dalam diri kita perlu kita miliki, menutut ilmu ini juga di bolehkan tamak akan ilmu, karena semakin kita mencari ilmu maka semakin dalam pemahaman yang kita dapatkan. Ada pepatah arab mengatakan ’’ tuntutlah ilmu dari buayan hinggga ke liang lahat’’. Dari sini dapat kita artikan bahwa tidak ada kata kepuasan dalam menuntut ilmu dan tidak ada kata terlambat dalam menutut ilmu, untuk itu jangan merasa puas akan apa yang di dapatkan teruslah mencari ilmu, karena dengan ilmulah kita bisa mendapatkan kebahagiaan di dunia hingga akhirat.

3. Kesungguhan

Kesungguhan dalam menuntut ilmu perlu dimiliki para penutut ilmu (tholabul ilmi). Kesungguhan itu adanya  dalam diri kita masing masing, pintar saja tidak cukup dalam menuntut ilmu, harus diselingi  dengan kesungguhan, di dalam  Mahfuzot (cara menghafal klasik yang berbentuk Hadist kata-kata Mutiara) dijelaskan ‘’ Barang Siapa Bersungguh Sungguh Mendapatlah ia’’ kesungguhan ini penting dalam menuntut ilmu, tanpa kesungguhan kita tidak dapat apa-apa.

4. Bekal

Bekal menuntut ilmu ini bukan hanya bekal makanan yang kita makan disetiap harinya, melainkam bekal yang dimaksud adalah modal kita selama menuntut ilmu, karena perlunya biaya  dalam menuntut ilmu. Modal ini atau rezeki ini sudah allah atur, tinggal kita berusaha dan berdoa untuk mendapatkan bekal sebagi modal menutut ilmu dan mempermudahkan urusan perjalanan selama menuntut ilmu.

5. Hormat Kepada Guru 

Sikap hormat ini banyak diartikan dengan berbagai macam pengertian, dalam hal ini  menuntut ilmu diartikan sebagai sikap patuh terhadap guru, kita sebagai murid kalau kita ingin mendapatkan ilmu perlunya sikap hormat kepada guru, karena ilmu itu tidak diberikan kepada orang yang tidak hormat atau tidak patuh kepada guru. Dikatakan dalam Mahfuzot ‘’Adab itu lebih tinggi dari pada ilmu’’  hormat ini juga bisa diartikan sebagai akhlak atau adab kita terhadap guru.

6. Waktu yang Panjang

Panjang waktunya atau lama masanya, dalam menuntut ilmu  itu tidak ada batasan berapa tahun, berapa umur, dan berapa lama sudah dalam menuntut ilmu. Untuk itu perlu ketaatan, ketabahan, kesabaran, dan keihklasan, supaya kita bisa mendapatkan ilmu dan bisa membawa kita bahagia di dunia maupun akhirat. Dengan banyaknya waktu maka perlu kita tanamkan dalam diri ini, jangan pernah bosan, jangan malas, jangan menyerah, apa lagi berputus asa, tetap semangat dan optimis demi masa depan yang cerah.

Sumber: