Kenali Penyakit Hashimoto, Berikut Penjelasan 16 Gejala yang Terjadi

Kenali Penyakit Hashimoto, Berikut Penjelasan 16 Gejala yang Terjadi

Kenali Penyakit Hashimoto, Berikut Penjelasan 16 Gejala yang Terjadi-ist-

JEKTVNEWS.COM - Penyakit Hashimoto adalah Penyakit autoimun yang menyerang kelenjar tiroid. Penyakit autoimun adalah Penyakit yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan sehat. Pada Penyakit Hashimoto, sel-sel sistem kekebalan tubuh menyebabkan  sel-sel penghasil hormon tiroid mati.

Penyakit ini seringkali menyebabkan penurunan produksi hormon (hipotiroidisme). Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher, tepat di bawah jakun.

Kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang membantu mengatur banyak fungsi tubuh, termasuk metabolisme, kekuatan otot, dan suhu tubuh.

Saat menderita penyakit Hashimoto, penderita akan mengalami penurunan kadar hormon tiroid. Penyakit Hashimoto juga dikenal sebagai tiroiditis Hashimoto, tiroiditis limfositik kronis, dan tiroiditis autoimun kronis. Penyakit Hashimoto dapat menyerang pria dan wanita segala usia, termasuk anak-anak.

BACA JUGA:Satu Hati Penuh Arti, Kebersamaan Astra Honda dan Konsumen di IMOS+ 2023

Namun, kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dan biasanya muncul pada usia antara 30 hingga 50 tahun. Pengobatan utama penyakit ini adalah penggantian hormon tiroid.

Dilansir dari website resmi kemkes, berikut penyebab terjadinya penyakit Hashimoto,

Penyebab penyakit Hashimoto 

Penyakit Hashimoto terjadi ketika sistem kekebalan tubuh merusak kelenjar tiroid. Masih belum jelas mengapa sistem kekebalan menyerang tiroid.

Namun, kondisi tersebut diyakini berkaitan dengan infeksi virus atau bakteri, faktor genetik, atau kombinasi  ketiganya. 

Selain itu, terdapat faktor yang  dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit Hashimoto, yaitu: 

1.. Memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit tiroid atau  autoimun 

2.. Memiliki penyakit autoimun lain, seperti penyakit Addison, penyakit celiac, anemia pernisiosa, vitiligo, diabetes tipe 1, lupus atau sindrom Sjögren.. 

3.. Perempuan.. 

Sumber: