Kenali Penyakit Hashimoto, Berikut Penjelasan 16 Gejala yang Terjadi

Kenali Penyakit Hashimoto, Berikut Penjelasan 16 Gejala yang Terjadi

Kenali Penyakit Hashimoto, Berikut Penjelasan 16 Gejala yang Terjadi-ist-

3. USG leher, untuk memeriksa ukuran kelenjar tiroid dan memastikan tidak ada penyebab lain dari pembesaran tiroid, seperti nodul tiroid.

Pengobatan penyakit Hashimoto 

Pengobatan penyakit Hashimoto bertujuan untuk mengontrol jumlah hormon tiroid dalam tubuh. Pengobatan akan disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit, antara lain: 

1. Observasi 

Observasi bertujuan untuk memantau kondisi pasien dari waktu ke waktu. Observasi dilakukan apabila pasien hanya mengalami hipotiroidisme ringan dan kelenjar tiroid berfungsi normal. 

2. Terapi hormon 

BACA JUGA:Dampak Kekurangan Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Dampak Membuat Lidah Bengkak

Jika pasien mengalami kekurangan  tiroksin, dokter akan meresepkan hormon tiroid sintetis.. Salah satu obat yang diresepkan adalah levothyroxine. 

Levothyroxine berguna dalam mengobati gejala hipotiroidisme.. Dosis dan lama penggunaan akan bergantung pada kadar hormon tiroid dan kondisi pasien.. Dokter Anda akan menyesuaikan dosis Anda dengan memeriksa kadar TSH Anda 1 hingga 2 bulan setelah pengobatan. 

3.. Modifikasi gaya hidup 

Modifikasi gaya hidup juga dianjurkan karena  beberapa makanan dan obat dapat menghambat penyerapan levothyroxine.. Pasien harus memberitahu dokternya jika mengonsumsi makanan, obat atau suplemen berikut: 

a.. Makanan yang mengandung  kedelai atau tinggi serat 

b.. Suplemen zat besi 

c.. Suplemen kalsium 

d.. Obat penurun kadar kolesterol seperti cholestyramine 

Sumber: