Kunci suksesnya UMKM bagi Pemula, Dosen Ekonomi Bisnis UNJA, Dr. Zulfina Adriani: Pentingnya Ilmu Pengetahuan

Kunci suksesnya UMKM bagi Pemula, Dosen Ekonomi Bisnis UNJA, Dr. Zulfina Adriani: Pentingnya Ilmu Pengetahuan

Bekal Penunjang suksesnya UMKM bagi Pemula, Dosen Ekonomi dan Bisnis UNJA, Dr. Zulfina Adriani: Pentingnya Ilmu Pengetahuan Dalam Mengelola UMKM-suci/Jektvnews-

JEKTVNEWS.COM - Saat ini memulai usaha menengah maupun usaha kecil atau yang dikenal dengan UMKM, menjadi tren positif yang banyak diminati oleh generasi muda.

Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya fresh graduate yang lebih memilih membuka usaha, daripada mencari pekerjaan.

Mulai dari usaha sandang seperti pakaian dan perhiasan, kemudian pangan dengan banyaknya tren makanan modern yang bervariasi, serta pelayanan jasa. 

Dalam hal ini, dosen sekaligus ketua jurusan manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Jambi, Dr. Zulfina Adriani, S.E., M.sc. mengatakan dalam mengembangkan UMKM, pelaku usaha harus memiliki ilmu pengetahuan untuk mengembangkan usahanya.

BACA JUGA:Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95, Dispora Provinsi Jambi Ajak Pemuda Bersatu

Adapun Ilmu pengetahuan tersebut merupakan bekal utama, yang harus dimiliki pelaku usaha untuk mengelola UMKM agar terus meningkat secara efektif ditengah persaingan pasar. 

"Ilmu pengetahuan tersebut mulai dari pengetahuan tentang penggunaan teknologi, seperti promosi yang dilakukan menggunakan media sosial, kemudian perencanaan bisnis, membangun networking atau mitra usaha, inovasi produk dan pelayanan jasa agar berbeda dengan lainnya, kemudian pengelolaan keuangan atau manajemen serta diversifikasi bisnis." ujar Dr. Zulfina pada Kamis (26/10).

BACA JUGA:Peringkat FIFA Terbaru: Timnas Indonesia Melonjak, Malaysia Merosot Tajam

Menurut Dr. Zulfina, pentingnya ilmu pengetahuan merupakan penunjang utama dalam peningkatan efektivitas UMKM khususnya bagi pemula.

Pelaku usaha harus memahami bagaimana cara menonjolkan usahanya ditengah persaingan pasar, sehingga dapat terus dipercaya konsumen dan usaha terus berkembang.

Sumber: