Efektivitas Pembelajaran Daring, SMP Negeri 7 Kota Jambi Gunakan Berbagai Aplikasi

Efektivitas Pembelajaran Daring, SMP Negeri 7 Kota Jambi Gunakan Berbagai Aplikasi

Kepala Sekolah SMPN 7 Kota Jambi-suci/jektvnews-

JEKTVNEWS.COM - Mengantisipasi adanya kabut asap yang menyelimuti Kota Jambi, Pemerintah Kota Jambi mengeluarkan surat edaran untuk melakukan pembelajaran online kepada siswa-siswi PAUD, TK, SD hingga SMP terhitung sejak tanggal 18 sampai 20 Oktober 2023. Dalam hal ini,  pihak sekolah perlu menyiasati cara belajar online agar belajar tetap berjalan efektif meskipun dilakukan dalam jarak jauh.

BACA JUGA:Mengelola Biaya Kebutuhan Hidup sebagai Mahasiswa

Seperti yang diterapkan SMP Negeri 7 Kota Jambi, dimana para siswa tetap diberikan materi seperti biasanya, dengan menggunakan berbagai aplikasi. Selain itu, guru dibebaskan menggunakan aplikasi apa saja yang biasa digunakan oleh guru tersebut, agar proses belajar lancar dan materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik.

Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Kota Jambi Netty Hasanah M.Pd. menyampaikan, "Meskipun siswa belajar secara daring, tetapi guru tetap wajib ke sekolah untuk mempersiapkan kegiatan mengajar yang juga difasilitasi oleh pihak sekolah" ujar Netty pada Jumat (20/10).

Menurut Kepala Sekolah SMPN 7 Kota Jambi, siswa wajib wajib menampilkan diri dengan melalui berbagai aplikasi seperti zoom meeting, google meet atau videocall grup whatsapp. Mengenai kendala yang dihadapi seperti susah sinyal dan mati lampu, pihak sekolah akan tetap melanjutkan sistem belajar melalui chat grup whatsapp atau google clasroom. Begitu juga dengan para siswa yang apabila memiliki kendala sinyal, akan diminta konfirmasi melalui chat grup whatsapp untuk memberitahu pihak guru. 

BACA JUGA:Dampak Buruk Terkena Hujan Berlebihan: Tantangan dan Konsekuensi

"Proses belajar meskipun dengan sistem daring tetap berjalan lancar, seperti sekolah tatap muka biasanya, mulai dari jadwal, mata pelajaran dan penyampaian materi. Yang berbeda adalah hanya perbedaan jarak yang jauh" tambah Netty Hasanah.

Menurutnya, semua kendala akan segera diatasi pihak sekolah, demi berjalannya sistem belajar online agar tetap efektif. Pihak sekolah juga tidak hanya sekedar memberikan tugas saja, melainkan tetap menyampaikan materi yang diberikan melalui berbagai aplikasi tersebut.

Sumber: