Aksi Kreatif Bersihkan Asap : Karhutla Ancam Kesehatan Warga Jambi

Aksi Kreatif Bersihkan Asap : Karhutla Ancam Kesehatan Warga Jambi

Aksi Kreatif di Depan Kantor Gubernur Jambi -Ist-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Aksi Kreatif yang dilakukan oleh koalisi masyarakat yang dalam hal ini aliansi bersihkan asap di JAMBI menggelar kegiatan kreatif guna menyampaikan aspirasinya di Kantor Gubernur JAMBI.

Aksi Kreatif ini tergabung dari Aliansi Jurnalis Independen Atau AJI Jambi, Beranda Perempuan, SIEJ, WALHI Jambi dan Perkumpulan Hijau, Dengan menggunakan baju Hitam aksi tersebut di hiasin dengan membawa balon dan sejumlah tulisan tentang kabut asap dan karhutla di Jambi.

Direktur Beranda Perempuan Ida Zubaidah menyampaikan bahwa aksi simbolik ini merupakan ucapan terhadap kegagalan pemerintah atas penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan yang dampaknya menyebabkan masyarakat mengalami ISPA.

BACA JUGA:Timnas Futsal Indonesia Siap Hadapi Arab Saudi di Laga Penentuan Piala Asia Futsal 2024

"Dua bulan ini menyebabkan banyak warga yang mengalami ISPA dan khususnya kelompok rentan, ya anak-anak perempuan itu sudah mulai sakit-sakitan karena menghirup asap," ujarnya, Rabu (11/10).

Sementara itu, Dodi Mahfudi dari perkumpulan hijau mengungkapkan bahwa, persoalan kabur asap sampai saat ini belum selesai.

"Saat ini Pemerintah Provinsi Jambi menganggap persoalan kabut asap sudah selesai, nyatanya masih terjadi banyak kebakaran," jelasnya.

BACA JUGA:Memahami Keunikan dalam Berorganisasi, Kunci untuk Sukses dan Inovasi

Hal ini juga ditambahkan oleh Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen atau AJI Jambi Gresi Plasmanto bahwa, persoalan keterbukaan informasi publik mengenai karhutla dan ISPA di Jambi masih sangat sulit di dapatkan.

Baik jurnalis media Cetak, Elektronik, Online dan Televisi.

Hal ini yang mendorong Aliansi Jurnalis Independen untuk turut mengambil peran agar Pemerintah Provinsi Jambi, pemerintah daerah untuk lebih transparan dalam menyampaikan Informasi kepada publik.

"Peran media yang kritis dan konstruktif sangat dibutuhkan untuk mengawasi jalannya kebijakan pemerintah dalam mengatasi dampak dari bencana kabut asap," kata Gresi.

Adapun hal yang didesak oleh koalisi masyarakat sipil dengan tagline bersihkan asap yakni :

BACA JUGA:Seni Merayakan Ulang Tahun dengan Balon

Sumber: