Obat Alami Berbagai Penyakit Luar Dalam, Ini 7 Manfaat Kunyit

Obat Alami Berbagai Penyakit Luar Dalam, Ini 7 Manfaat Kunyit

kunyit-ist-

Radang usus biasa disebut dengan Irritable Bowel Syndrome (IBS) yang mengganggu pencernaan. Hal ini tidak boleh disepelekan karena akan membuat kontraksi usus yang mengakibatkan diare kronis.

Kunyit menjadi salah satu pereda radang usus yang menangkal bakteri karena mengandung antioksidan dan kurkumin yang melancarkan pencernaan.

5. Mengobati asam lambung

Larutan kunyit apabila diminum secara rutin dapat mengurangi frekuensi kambuhnya gejala maag dan asam lambung. Kandungan kurkumin pada kunyit dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan.

Ketika asam lambung kumat, perut cenderung mengalami mual akibat tekanan gas asam lambung. dilansir dari laman resmi Kemenkes, kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia sehingga mengurangi tekanan pada perut dan meredakan rasa mual.

6. Mengobati metastasis kanker

Salah satu kunyit yang dipercaya sebagai obat metastasis kanker adalah kunyit putih. Hal ini disebabkan kandungan kurkumin menjadi penghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

7. Mengobati alergi

Kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin pada kunyit memiliki fungsi sebagai senyawa antialergi sehingga menghilangkan rasa gatal pada tubuh.

Dilansir dari laman resmi Dinkes DIY, kedua kandungan pada kunyit tersebut menjadi penghambat aktivitas protein berlebih pada tubuh yang mencegah lepasnya zat histamine. Zat histamine dan protein yang berlebihan dapat membuat reaksi alergi muncul pada kulit.

Kunyit memiliki banyak khasiat yang menjadi obat alami penyakit luar dan penyakit dalam. Dari banyaknya manfaat kunyit, kunyit adalah obat tradisional yang sangat mudah ditemukan. Untuk mengolah kunyit sebagai obat tidaklah sulit, kunyit hanya diparut untuk diminum air perasannya sebagai obat penyakit dalam. Sedangkan untuk obat penyakit luar, parutan kunyit bisa langsung ditempelkan ke bagian luka dan kulit yang alergi. 

 

Sumber: