Obat Alami Berbagai Penyakit Luar Dalam, Ini 7 Manfaat Kunyit

Obat Alami Berbagai Penyakit Luar Dalam, Ini 7 Manfaat Kunyit

kunyit-ist-

JEKTVNEWS.COM -  Kunyit atau kunir adalah tanaman rempah-rempah yang berasal dari Asia Tenggara. Kunyit termasuk kedalam family Zingiberaceae yang memiliki batang semu dan terbentuk dari pelepah daun-daunnya. Bagian utama yang diambil dari Kunyit adalah tunasnya. 

Dilansir dari laman resmi Kemenkes, senyawa yang terkandung didalam kunyit adalah kurkumin, minyak atsiri, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, dan kalsium. Kandungan ini memiliki peranan sebagai antioksidan, antitumor, antikanker, antimikroba dan antiracun. 

BACA JUGA:Metode Berkebun Praktis. Berikut Kelebihan dan Kekurangan Metode Hidroponik

Kandungan didalam kunyit sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, kunyit dikenal diberbagai daerah sebagai obat alami yang dijadikan jamu tradisional.  Berikut ini merupakan 7 penyakit yang bisa diobati dengan kunyit:

1. Kunyit menyembuhkan infeksi luka

Kunyit bisa menyembuhkan luka karena sifat antiseptik yang membunuh jamur dan bakteri pada luka. 

2. Mengobati radang

Kurkumin yang terkandung didalam kunyit merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten. Dilansir dari laman resmi Dinas Kesehatan DIY, kandungan kurkumin pada satu kunyit mencapai 200 miligram (mg).

Kandungan ini yang menghentikan kerja enzim serta sitokin penyebab inflasi atau peradangan pada tubuh. Maka dari itu, kunyit dapat mengobati radang dan dapat meningkatkan krotison pada kelenjar adrenal dalam tubuh.

3. Meredakan nyeri haid

Sebagian wanita ketika sedang menstruasi merasakan nyeri perut bagian bawah yang membuat tidak nyaman. Kunyit yang biasa diolah menjadi jamu kunir asem adalah salah satu obat pereda nyeri haid yang paling ampuh. 

Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin kunyit dapat melemaskan kontraksi Rahim penyebab perut keram. Selain itu, dilansir dari situs resmi web Kemenkes, kunyit dipercaya dapat membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel Rahim. Kandungan pada kunyit juga mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan rasa sakit.

BACA JUGA:Pameran Koleksi Ethnografi di Museum, Gubernur Al Haris : Jambi Sangat Kaya dengan Peninggalan Budaya

4. Meredakan peradangan usus

Sumber: