Pesan Ki Hajar Dewantara: Semangat Pendidikan sebagai Landasan Kemerdekaan Indonesia

Pesan Ki Hajar Dewantara: Semangat Pendidikan sebagai Landasan Kemerdekaan Indonesia

Ki Hajar Dewantara-ist-

6. Pendekatan Kreatif dalam Pembelajaran

Ki Hajar Dewantara menganjurkan pendekatan kreatif dalam pembelajaran. Beliau menekankan pentingnya mengenali minat dan bakat siswa, serta mengadaptasi metode pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan setiap individu.

7. Kebahagiaan sebagai Tujuan Pendidikan

Pesan terakhir yang tak kalah penting adalah Ki Hajar Dewantara mengajarkan bahwa tujuan sejati dari pendidikan adalah menciptakan kebahagiaan bagi setiap anak. Beliau berpendapat bahwa pendidikan seharusnya membantu siswa mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan dalam hidup mereka.

Hari Kemerdekaan Indonesia adalah momentum yang tepat untuk mengenang dan merenungkan pesan-pesan berharga dari Ki Hajar Dewantara.

BACA JUGA:Perjuangan Mendirikan Sekolah Pertama Indonesia Pasca Kemerdekaan

Semangat dan gagasannya tentang pendidikan yang merdeka, inklusif, dan berlandaskan cinta tanah air adalah inspirasi bagi setiap orang untuk terus berkontribusi dalam memajukan pendidikan Indonesia.

Melalui pendidikan yang berkualitas, kita dapat membentuk generasi yang cerdas, berbudi pekerti luhur, dan mencintai tanah air, sehingga Indonesia dapat terus maju menuju masa depan yang lebih baik.

Sumber: