Mengungkap Sejarah Pemilu di Indonesia: Perjalanan Menuju Partisipasi Demokratis

Mengungkap Sejarah Pemilu di Indonesia: Perjalanan Menuju Partisipasi Demokratis

Ilustrasi Sejarah Pemilu Indonesia-bawaslu-

JEKTVNEWS.COM - Pemilihan umum (pemilu) merupakan salah satu pilar penting dalam sistem demokrasi. Di Indonesia, sejarah pemilu memainkan peran yang krusial dalam proses demokratisasi negara ini.

Sejarah pemilu di Indonesia, khususnya tentang pemilu pertama kali yang menjadi tonggak awal perjalanan demokrasi di tanah air.

Setelah Indonesia memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1945, negara ini masih terus berjuang untuk membangun fondasi demokrasi.

BACA JUGA:Lowongan Kerja PT Electronic City Indonesia Buka 2 Posisi Kerja di Bandung, Cek Persyaratan disini!

Pemilu menjadi salah satu cara untuk memberikan suara kepada rakyat dan memberikan legitimasi kepada pemerintahan yang terpilih secara demokratis.

Pemilu Pertama di Indonesia

Pemilu pertama di Indonesia diadakan pada tanggal 29 September 1955. Pemilu ini dikenal dengan sebutan "Pemilu Serentak 1955" atau "Pemilu Sukarno" karena diadakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Pemilu tersebut merupakan yang pertama kalinya di Indonesia dan di Asia Tenggara yang melibatkan partai politik dan rakyat secara luas.

Partisipasi dan Proses Pemilu

Pemilu Serentak 1955 dihadiri oleh 147 partai politik yang telah terdaftar, dengan total peserta pemilu sebanyak 29.232.906 orang.

BACA JUGA:Skema Lalu Lintas Jelang Laga Indonesia vs Argentina

Pemilu ini juga merupakan salah satu pemilu dengan partisipasi paling tinggi dalam sejarah Indonesia. Partai-partai politik tersebut mewakili berbagai spektrum politik dan etnis di Indonesia.

Proses pemilu dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari partai-partai politik, sedangkan tahap kedua adalah pemilihan anggota Konstituante yang bertugas untuk menyusun UUD baru.

Pemilu dilaksanakan secara langsung dan terbuka dengan menggunakan sistem proporsional.

Hasil dan Dampak Pemilu

Sumber: