Inilah 4 Posisi Tidur yang Terbukti Baik Bagi Tubuh

Inilah 4 Posisi Tidur yang Terbukti Baik Bagi Tubuh

Ilustrasi Wanita Sedang Tidur-Grid Pop-

JEKTVNEWS.COM - Pemilihan posisi tidur yang baik dapat membantu menjaga kesehatan dan kenyamanan tubuh. Berikut ini adalah beberapa posisi tidur yang umum dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi tubuh:

1. Posisi tidur telentang (dalam bahasa medis disebut supine position)

Tidur telentang dengan punggung lurus dapat menjadi posisi yang baik untuk punggung dan leher. Ini membantu menjaga poros tulang belakang dalam posisi netral. Namun, tidur telentang mungkin tidak cocok bagi mereka yang mengalami sleep apnea atau mendengkur, karena posisi ini dapat memperburuk gejala tersebut.

BACA JUGA:Rekrutmen PNS 2023 Fresh Graduate Menjadi Prioritas: Pemerintah Mencari Bakat Baru

2. Posisi tidur miring ke kanan atau kiri

Posisi tidur miring ke salah satu sisi, dengan lutut ditekuk dan bantal di antara kaki, dapat membantu menjaga kelurusan tulang belakang. Ini juga merupakan posisi yang baik untuk pencegahan refluks asam lambung dan mengurangi risiko sleep apnea. Namun, tidur terus-menerus pada satu sisi dapat menyebabkan tekanan berlebih pada bahu dan pinggul.

3. Posisi tidur fetal

Ini adalah posisi tidur di mana menggulung tubuh seperti janin dalam kandungan, dengan lutut ditekuk ke dada. Posisi ini bisa membantu meredakan tekanan pada punggung bagian bawah dan mengurangi masalah mendengkur. Namun, jika memiliki masalah sendi atau nyeri punggung, posisi ini mungkin tidak disarankan karena dapat membatasi gerakan dan menyebabkan kekakuan.

BACA JUGA:Rekrutmen PNS 2023, Berikut Syarat Terbaru yang Wajib Diketahui

4. Posisi tidur miring telungkup

Posisi ini mungkin kurang disarankan karena dapat memberi tekanan pada leher dan punggung. Tidur telungkup juga dapat mempengaruhi pernapasan dan menyebabkan tegangan pada otot leher dan bahu. Namun, bagi beberapa orang, tidur telungkup dapat membantu mengurangi masalah mendengkur atau sleep apnea.

BACA JUGA:Lezat! Ulat Sagu: Pilihan Pangan Bergizi dan Lestari

Selain memilih posisi tidur yang baik, penting juga untuk menggunakan kasur yang nyaman dan bantal yang mendukung kepala dan leher dengan baik. Jaga juga kebersihan tempat tidur dan gunakan perlengkapan tidur yang sesuai, seperti bantal dan selimut yang memenuhi kebutuhan tidur. Jika memiliki masalah tidur atau nyeri kronis, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli tidur untuk saran lebih lanjut.

Sumber: