Kenapa Insomnia Bisa Terjadi? Cek Faktanya

Kenapa Insomnia Bisa Terjadi? Cek Faktanya

Insomnia-alodokter-

JEKTVNEWS.COM - Insomnia merupakan suatu gejala gangguan tidur, dengan nama lain yaitu sleep apnea, sindrom kaki gelisah, dan gangguan ritme sirkadian.

Kasus insomnia sebagian besar disebabkan karena masalah emosional seperti stres, kecemasan, dan depresi. Selain itu, kebiasaan tidur pada siang hari serta kesehatan fisik mungkin juga mempengaruhi.

BACA JUGA:7 Tips Memilih Bahan Pakaian Olahraga yang Tepat, Begini Penjelasannya

Insomnia terkadang berlangsung hanya beberapa hari saja dan dapat hilang dengan sendirinya, biasanya insomnia seperti ini disebabkan karena stres banyak pikiran atau jet lag. 

Namun, ada insomnia yang tidak bisa hilang begitu saja atau biasa disebut insomnia kronis. Biasanya hal ini terjadi karena masalah mental atau fisik yang mendasari seseorang misalnya seperti Kecemasan, stres, dan depresi.

Selain itu, banyak kondisi atau penyakit medis tertentu yang dapat menyebabkan insomnia misalnya seperti asma, alergi, penyakit Parkinson, hipertiroidisme, refluks asam, penyakit ginjal, dan kanker.

Penyebab Insomnia lainnya adalah karena mengonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat mengganggu waktu tidur. Contohnya seperti antidepresan, kortikosteroid, stimulan untuk ADHD, obat tekanan darah tinggi, hormon tiroid, beberapa jenis obat kontrasepsi, serta obat pilek dan flu yang di dalamnya mengandung alkohol, pil pelangsing, diuretik dan penghilang rasa sakit yang mengandung kafein (Midol, Excedrin).

BACA JUGA:Waw! Ini Manfaat Pijat Refleksi Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi penyebab langsung Insomnia:

1.Jangan minum air terlalu banyak pada malam hari agar tidak mudah terbangun karena ingin buang air kecil, hal ini dapat menyebabkan susah tidur kembali. 

2.Hindari makan pada larut malam dengan mengonsumsi makanan yang pedas dan asam karena ini akan membuat perut mules sehingga akan sulit tidur.

3.Hindari minum kopi setidaknya 6 jam sebelum tidur karena kopi mengandung kafein yang dapat membuat orang sulit tidur bahkan mampu terjaga semalaman.

Sumber: