CHAMPION, 32 Tahun Penantian Panjang, Bukti Nyata Bangsa ini Bangsa Pejuang

CHAMPION, 32 Tahun Penantian Panjang, Bukti Nyata Bangsa ini Bangsa Pejuang

Timnas Indonesia-ist-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Indonesia akhirnya keluar sebagai juara dari cabang sepak bola SEA Games 2023 dengan meraih Gold Medal. Tim Garuda Muda Indonesia sukses menundukkan tim lawan Thailand dengan skor akhir yang sangat mencolok 5-2 di pertandingan final.

Pertandingan final berlangsung pada Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja Selasa malam pukul 19.30 WIB (16/5). 

BACA JUGA:Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Tubuh

Tim asuhan Indra Sjafri mampu mendominasi pertandingan pada babak pertama dengan memimpin skor 2-0 yang diborong semua oleh Ramadan Sananta pada meni ke-20 dan menit ke 40+4.

Pertandingan mulai memanas ketika memasuki babak kedua, dimana Thailand mampu mencetak gol ketertinggalan lewat aksi Anan Yodsangwal pada menit ke-64 dan skor menjadi 2-1 hingga mencapai waktu injury time. 

Hingga selama pertandingan memasuki menit ke-76 wasit telah mengeluarkan 11 kartu kuning.

BACA JUGA:Coldplay Batal Konser di Indonesia? Cek Faktanya!

Ada begitu banyak peluang yang didapat indonesia di menit-menit akhir, melalui tendangan bebas Marselino pada menit ke-77 masih dapat dihalau oleh kipper Thailand Soponwit. Memasuki menit ke-87 indonesia memperoleh peluang emas melalui Witan Sulaeman akan tetapi sepakannya masih melenceng dari bibir gawang.

Sangat disayangkan sempat dikira waktu akan habis, memasuki terakhir babak kedua Thailand kembali mencetak gol melalui Yotsakon Burapha pada menit ke 90+6, hingga peluit ditiup babak kedua usai dengan kedudukan seri 2-2.

Memasuki waktu injury time tekanan demi tekanan terus dilancarkan dari tim indonesia dan berbuah manis pada menit ke-91 melalui sepakan Irfan Jauhari, skor pun kembali dipimpin indonesia 3-2!.

Setelah gol tersebut pertandingan antar dua kubu tersebut mulai semakin memanas, bahkan terjadi keributan yang tidak terelakkan di pinggir lapangan, manager tim indonesia Sumardji pun mendapat dorongan hingga terjatuh, mau tidak mau apparat keamanan harus turun untuk mengkondusifkan kedua kubu.

BACA JUGA:Soal Jalan Angkutan Batu Bara di Jambi, Presiden Jokowi Perintahkan Gubernur Segera Selesaikan

Akibat insiden tersebut banyak yang mendapatkan kartu merah, wasit memberikan karu merah pada bek timnas indonesia, Komang Teguh dan juga dengan kipper thailand Soponwit pada menit ke-95, tak hanya itu ofisial tim thailand juga mendapatkan dua kartu merah.

Memasuki menit ke-107 indonesia kian menjauh dari kejaran skor tim lawan melalui gol yang dilakukan oleh Fathur Rahman dan skor pun menjadi 4-2!

Tidak lama setelah itu Beckham Putra mecetak gol pada menit ke-119 membuat indonesia unggul dan menambah penderitaan thailand dengan skor menjadi 5-2!!!  Hingga wasit meniupkan peluit panjang akhirnya indonesia keluar sebaga juara tahun ini dalam ajang SEA Games 2023 dan mengakhiri puasa kemenangan semenjak terakhir juara pada SEA Games 1991.

Sumber: