Macam - Macam Fungsi Ginjal Untuk Tubuh

Macam - Macam Fungsi Ginjal Untuk Tubuh

Ginjal-halodoc-

JEKTVNEWS.COM - Ginjal adalah salah satu organ penting yang terletak dibawah tulang rusuk dekat dengan punggung pada tubuh manusia. Walaupun hanya berukuran kepalan tangan organ ini memiliki peran utama dan juga tugas vital yang wajib dijaga seperti halnya jantung dan paru-paru.  Apabila ginjal mengalami gangguan maka akan berdampak pada organ tubuh yang lain.

Ginjal memegang peranan penting dalam mengeluarkan dan mengfilter senyawa racun dari darah, membuang limbah serta menjaga keseimbangan kadar cairan dengan mengeluarkan sisa metabolisme dari tubuh berupa urine, kreatinin dan amoniak (Syaifudin, 2006).

Artinya racun yang terdapat pada tubuh kita dapat tersebar hingga mengancam nyawa apabila sistem organ ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik. Kurangnnya literasi umum dan perhatian khusus seringkali banyak orang tidak tau bahkan tidak peduli pada kesehatan, terlebih lagi kesehatan organ-organ tubuh yang terletak di dalam tubuh seperti paru-paru, jantung, hati dan terutama ginjal.

Itulah sebabnya kenapa kita harus menjaga betapa pentingnya kesehatan ginjal dengan cara pola hidup sehat seperti rutin berolahraga, menjaga cairan tubuh dengan sering minum air putih serta mengurangi minuman yang mengadung alkohol.

Tidak ada salahnya perlu kita ketahui apa-apa saja fungsi dan peran utama ginjal di dalam tubuh, dapat diperhatikan berikut fungsi utama dari ginjal:

1.Menjaga kadar keseimbangan cairan 

Ginjal memiliki peranan penting untuk mengatur dan menjaga kesimbangan air pada tubuh. Apabila ginjal tidak berfungsi dengan baik tubuh akan mengalami kekeringan atau dehidrasi karena kekurangan cairan darah, begitupun sebaliknya kandungan cairan yang menumpuk dan tidak dikeluarkan juga akan membahayakan bagi kesehatan tubuh

2.Membentuk urine 

Fungsi ginjal yang banyak diketahui masyarakat awam yaitu tempat terjadinya proses pembentukan urine. Penyusun utama urine terdiri atas air, ammonia dan urea, ini merupakan senyawa sisa dan beracun yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh melalui sistem ekskresi yaitu proses pembuangan limbah dari dalam tubuh

3.Menghasilkan hormon

Ginjal dapat memproduksi hormone eritroprotein (EPO). hormone ini berperan sebagai perangsang agar meningkatkan pembentukan sel darah merah oleh sum-sum tulang belakang.

4.Menyaring dan membersihkan darah

Bagian ginjal yang berfungsi sebagai penyaring racun dari dalam darah yaitu nefron, tingginya kadar glukosa darah membuat ginjal banyak menyaring darah (American diabetes association, 2013). Oleh sebab itu organ ginjal mempunyai fungsi yang sangat vital dalam membuang racun yang sangat berbahaya bagi tubuh. 

5.Mengatur keseimbangan asam basa dalam tubuh

Sumber: