Kerinci Tak Lagi Sedingin Dulu, Panas Nian!

Kerinci Tak Lagi Sedingin Dulu, Panas Nian!

Suhu udara yang panas terjadi di Kerinci dan Sungai Penuh sejak beberapa minggu terakhir-Foto: Cessika/JektvNews-

KERINCI, JEKTVNEWS.CO.ID - Kemarin-kemarin Kerinci masih jadi wilayah terdingin di Provinsi Jambi, sekarang predikat itu harus disimpan dulu karena tetiba suhu udara di Kerinci panas nian!

 

Suhu udara di Kerinci saat ini telah mencapai 31,5 derajat Celcius, terasa lebih panas dari biasanya. 

 

Bagi warga Kerinci, udara sepanas ini bukan hal yang lumrah. Jangankan pakai AC, pakai kipas angin saja warga Kerinci sangat jarang. 

 

Namun sejak panas, warga Kerinci mulai menyetok kipas angin di dalam rumah, jendela di pintu lebar-lebar agar ada angin masuk ke rumah.

 

"Terasa lebih panas sudah beberapa hari ini. Biasanya Kerinci lebih dingin, " kata salah seorang Warga Kerinci, Kamis (4/5/2023). 

 

Kenapa bisa begini? Mengutip dari www.jambiekspres.co.id, Kepala BMKG Depati Parbo Kerinci, Kurnia Ningsih mengatakan suhu terasa panas tak hanya terjadi di Kerinci namun juga di berbagai wilayah lain di Indonesia.

 

Namun apa yang terjadi di Kerinci dan wilayah lain di Indonesia, katanya bukanlah gelombang panas. Indonesia berada di wilayah equator dan merupakan negara kepulauan yang memiliki perairan yang luas.

 

"Insyaallah gelombang panas yang terjadi di Asia Selatan tidak akan terjadi di Indonesia, agar masyarakat tidak panik namun tetap waspada," sebutnya.



Saat ini di Asia Selatan memang sedang terjadi gelombang panas seperti di Myanmar, India, Laos, Bangladesh, China dan lain - lainya.

 

Gelombang panas biasanya terjadi karena gerak semu harian matahari yang saat ini matahari berada di belahan bumi utara.

 

"Gelombang panas umumnya terjadi pada daerah - daerah dengan lintang menengah dan tinggi serta daerah yang memiliki daratan yang sangat luas," katanya.

 

Kurnia Ningsih mengatakan, suhu maksimal di Kerinci saat ini mencapai 31,5 'C , suhu minimum 20,0 'C dan suhu rata - rata nya 24,4 derajat Celcus, “Masih dalam kategori normal,” lanjutnya lagi. 

 

 "Suhu maksimal di Kerinci bisa mencapai 31,5 'C," katanya.(hdp/JE)

 

Sumber: