Heboh!! Besok Gerhana Bulan Penumbra Terjadi di Indonesia, Jambi Diperkirakan Jam 22:12 WIB

Heboh!! Besok Gerhana Bulan Penumbra Terjadi di Indonesia, Jambi Diperkirakan Jam 22:12 WIB

Ilustrasi Gerhana Bulan Penumbra-Eugene hoshiko-

JAKARTA,JEKTVNEWS.COM - Gerhana bulan merupakan sebuah fenomena alam yang sudah sering terjadi dan bisa dilihat dari bumi. Meskipun fenomena ini tidak selalu terjadi, tetapi kehadirannya sering dinantikan bagi sebagian orang untuk melihat keindahannya.

Ada banyak jenis gerhana bulan yang sering terjadi di antaranya adalah Gerhana Bulan Penumbra yang akan segera terjadi beberapa hari lagi.

Fenomena Gerhana Bulan Penumbra terjadi ketika posisi bulan, matahari, dan bumi sejajar di mana bulan hanya masuk ke bayangan penumbra bumi. Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama.

BACA JUGA:Menghandiri Met Gala 2023, Jennie Buat Bangga korea

Gerhana Bulan Penumbra akan berlangsung dalam beberapa hari lagi. Fenomena alam ini bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjelaskan Gerhana Bulan Penumbra akan berlangsung dua hari karena berlangsung tengah malam sampai berganti hari. Gerhana Bulan Penumbra terjadi pada 5-6 Mei 2023.

Fenomena ini tentunya sangat langka dan sayang untuk dilewatkan. Dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi pada tanggal 5-6 Mei 2023. Namun terkait waktunya, terjadi beberapa perbedaan. Berikut daftarnya!

BACA JUGA:Kasus Covid 19 Kembali Mencuat, Ini kata Kemenkes

Jadwal Gerhana Bulan Penumbra (WIB):

Gerhana Bulan Penumbra mulai: 22.12.09

Puncak Gerhana Bulan Penumbra: 00.22.52

Gerhana Bulan Penumbra berakhir: 02.33.36

Jadwal Gerhana Bulan Penumbra (WITA):

Gerhana Bulan Penumbra mulai: 23.12.09

Sumber: