Kasus Covid 19 Kembali Mencuat, Ini kata Kemenkes

Kasus Covid 19 Kembali Mencuat, Ini kata Kemenkes

Ilustrasi Covid 19--

JAKARTA, JEKTVNEWS.COM - Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mencatat peningkatan kasus harian COVID-19 yang mencapai angka tertinggi sejak 10 bulan terakhir. Peningkatan kasus tertinggi terjadi pada 29 April 2023 dengan jumlah 2.074 kasus.

BACA JUGA:Menghandiri Met Gala 2023, Jennie Buat Bangga korea

Positivity rate secara nasional juga jauh di atas standar aman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 5 persen, yaitu 14,76 persen. Selain itu, tingkat keterisian rumah sakit (BOR) juga mengalami peningkatan hingga 7,47 persen.

BACA JUGA:Fix, Wapres RI Ma'ruf Amin Besok Tiba di Jambi

Peningkatan kasus harian juga diiringi dengan peningkatan angka kematian sejak awal April. Kenaikan yang paling signifikan terjadi pada 28 April 2023 dengan total 37 kematian. Kemudian, sehari setelahnya angka tersebut menurun dengan total 14 kematian.

Terkait peningkatan kasus, Dr Mohammad Syahril Juru Bicara Kemenkes menghimbau masyarakat untuk lebih ketat menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

BACA JUGA:4 Tips Menghadapi Lingkungan Kerja Tidak Kondusif, Nomor 2 Pilihan Terakhir

"Kuncinya protokol kesehatan, dengan disiplin menerapkan panduan tersebut diharapkan dapat meminimalisir risiko penularan COVID-19, terutama di tempat-tempat yang tingkat kerumunannya tinggi," kata Dr.Syahril Dikutip dari laman Kemenkes, Selasa (2/5) 

Adapun imbauan yang disampaikan oleh Kemenkes terkait prokes, di antaranya:

Menggunakan masker, khususnya saat sakit atau berada di kerumunan

Memperhatikan kesehatan dan daya tahan tubuh

BACA JUGA:Memperingati Hari Kebebasan Pres Sedunia 2023

Mematuhi aturan pemerintah yang berlaku

Mengingatkan sesama untuk disiplin menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Sumber: