Usai MK Tolak Gugatan Uji Materil UU Pers, Dewan Pers Langsung Gelar Jumpa Pers

Usai MK Tolak Gugatan Uji Materil UU Pers, Dewan Pers Langsung Gelar Jumpa Pers

jektvnews.com - Jakarta, Seusai MK memutuskan menolak gugatan uji materiil UU Pers, Dewan Pers, Rabu (31/8) menggelar jumpa pers di Gedung Dewan Pers Jl. Kebon Sirih Jakarta Pusat dengan dihadiri reporter dari berbagai platform dan pengurus organisasi pers konstituen Dewan Pers. 

 

Diantaranya hadir Wakil Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Yono Hartono, Ketua Umum AJI Indonesia Sasmito Madrim, dan pengurus organisasi pers lainnya. 

 

Baca Juga: Dewan Pers Menang, Mahkamah Konstitusi Tolak Seluruh Gugatan Uji Materiil UU Pers

 

Wakil Ketua Dewan Pers M Agung Dharmajaya didampingi pengacara Dewan Pers Wina Armada menjelaskan keputusan MK yang memenangkan Dewan Pers atas gugatan uji materi Undang- Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers. 

 

Uji materiil UU Pers ini dimohonkan oleh Heintje Grinston Mandagie, Hans M Kawengian, dan Soegiarto Santoso. Ketiganya mengajukan uji materiil UU Pers ke MK pada 12 Agustus 2021. 

 

Baca Juga: MK Tolak Seluruh Gugatan Uji Materiil UU Pers, Wakil Ketua Dewan Pers: Hakim MK Telah Menjalankan Tugasnya Dengan Pikiran Jernih dan Bersikap Adil

 

Wina Armada menjelaskan, UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 itu pangkal demokrasi, menjamin kebebasan pers, dan kebebasan seluruh lapisan masyarakat dalam menyampaikan pendapat.

 

Sumber: