Masih Banyak Yang Enggan Imunisasi, Ini Bahaya Campak Rubella

Masih Banyak Yang Enggan Imunisasi, Ini Bahaya Campak Rubella

jektvnews.com - Jambi, Masih kurangnya kemauan masyarakat untuk melakukan imunisasi campak dan rubella menjadi pekerjaan rumah bersama, pasalnya bahaya campak dan rubella tidak hanya menyerang anak-anak saja atau orang tua saja.

 

Seperti disampaiakan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi melalui Kepala Bidang P2, Eva Susanti bahwa Campak rubella sangat berbahaya pada anak, bahkan di Provinsi Jambi sudah  ada ditemukan kasus baik campak maupun rubella.

 

“anak yang terpapar campak jika komplikasi berat bisa menyebabkan radang paru, radang otak, diare, radang telinga, dehidrasi dan  kematian. Gejalanya demam, bercak kemerahan, batuk pilek,mata merah, ruam yang menyebar”, jelas Eva.

 

 “Sedangkan untuk rubella atau campak jerman dampak bagi anak tidak terlalu bahaya, tapi jika dari anak yang belum di imunisasi menularkan kepada ibu hamil, maka potensi keguguran atau anak lahir cacat seperti  ketulian, buta, kelainan jantung dan keterlambatan perkembangan”, sambung Eva.

 

Baca Juga: Capaian Imunisasi Campak Rubela di Jambi Masih Rendah, Faktor Penolakan Orang tua Jadi Pemicu

 

Hal senada disampaikan juga oleh dr. Dini silvia kasi survelanc dan Imunisasi Dinsa Kesehatan Provinsi jambi, menurutnya campak dan Rubella ini cukup berbahaya, ketika seoarang anak disuntik sejatinya perlindungan bukan hanya untuk dirinya tapi juga ibunya yang hamil, kakaknya, gurunya atau Wanita hamil lain yang ada dilingkungannya.

 

“ Kita sudah ada di jambi, anak yang lahir dalam kurang normal karna rubella, kabarnya orang tua anak teraebut sudah menghabiskan Rp. 300 juta untuk pengobatan anak tersebut yang masih duduk di bangku paud”, Kata Dini.

 

Sumber: