DPRD Provinsi Jambi Dorong Pemerintah Pusat Percepat Bangun Proyek Strategis

DPRD Provinsi Jambi Dorong Pemerintah Pusat Percepat Bangun Proyek Strategis

jektvnews.com - Jambi, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Faisal Riza meminta pemerintah pusat untuk mempercepat realisasi pembangunan tujuh proyek strategis nasional di daerah itu

"Ada tujuh proyek strategis nasional yang butuh percepatan pembangunan," kata Faisal Riza saat rapat koordinasi bersama pemerintah pusat di Jakarta, Senin (30/5).

Ketujuh proyek itu ruas jalan tol trans sumatera (JTTS),  kawasan strategis nasional Candi Muara Jambi, kawasan strategis Pariwisata Nasional Kerinci Seblat, Geopark Merangin menjadi World Heritage, Kawasan Industrir Kemingking, dan kawasan Ekonomi Ujung Jabung serta bendungan Merangin.

"Provinsi Jambi menjadi salah satu penyumbang terbesar dari sektor migas. Kita berharap pemerintah pusat memperhatikan percepatan pembangunan yang diusulkan Provinsi Jambi," kata Faisal Riza.

Menurut Faisal, kalau bicara kontribusi Jambi terhadap pembangunan nasional luar biasa, untuk minyak Jambi berada nomor tujuh terbesar di Indonesia dan gas nomor sembilan terbesar. Oleh karena diharapkan Jambi mendapat perhatian terhadap percepatan pembangunan karena postur APBD Pemprov Jambi sangat kecil untuk membangun Jambi secara keseluruhan.

"Salah satunya membangun pelabuhan Ujung Jabung, sangat berat kalau dibebankan ke APBD," kata Faisal.

Ia sangat berharap Jambi mendapat dukungan dari kementerian terkait  untuk merealisasikan proyek-proyek strategis nasional tersebut, agar perekonomian Provinsi Jambi juga meningkat.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris di kesempatan yang sama mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi mengusulkan tujuh percepatan pembangunan proyek strategis kepada pemerintah pusat agar peningkatan  kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi dapat terwujud.

Provinsi Jambi kata Haris merupakan provinsi yang paling strategi, karena terletak di tengah tengah di pulau Sumatera. Sebab itu percepatan pembangunan sangat dibutuhkan untuk menyambung perekonomian masyarakat, terutama infrastruktur jalan tol dan pelabuhan.

Sumber: