PT Bukit Kausar Cetak Laba Tertinggi untuk Produksi Sawit Sebesar 39 Miliar

PT Bukit Kausar Cetak Laba Tertinggi untuk Produksi Sawit Sebesar 39 Miliar

jektvnews.com - Jambi, PT Bukit Kausar adalah perusahaan perkebunan sawit dengan areal terluas di PTPN VI yakni sekitar 5.004, 92 Ha. Areal tersebut terdiri dari 4.883, 63 Ha sebagai areal TM. Dan terdapat sekitar 89,81 Ha untuk areal TM non produktif serta sekitar 81,48 Ha sebagai areal tanaman cadangan. PT Bukit Kausar sendiri telah di akuisisi PTPN VI sejak tahun 2000 sehingga menjadikan PT Bukit Kausar sebagai anak tertua PTPN VI.

perusahaan tertua PTPN VI ini telah berusia 22 tahun, terletak di Kecamatan Renah Mendaluh, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi dengan luas yang terbagi di Desa Rantau Benar, Pulau Pauh, Sungai Rotan dan Lubuk Kambing dengan jumlah 508 orang tenaga kerja.

Manager PT Bukit Kausar Adrian Alamsyah mengatakan bahwa Produksi Sawit yang di hasilkan PT Bukit Kausar yakni sebanyak 14,3 ton yang merupakan panen tertinggi dibandingkan tahun – tahun sebelumnya.

"Produktivitas sawit di PT Bukit Kausar ini yang tertinggi dalam sejarahnya dan juga umur sawit yang masa panennya sedang baik sehingga menghasilkan 14,3 ton per hektar selama 2021. Hasil ini memberikan kontribusi laba sebesar 13,96 persen dari total laba konsol PTPN VI,” ujarnya, saat media gathering di lahan Afdeling 5 PT Bukit Kausar. Senin (13/6/2022).

PT Bukit Kausar memperoleh laba tertinggi dalam sejarahnya yakni sebesar 39 Miliar pada tahun 2021 lalu. Sehingga menjadikan PT Bukit Kausar menjadi perusahaan perkebunan satu-satunya di lingkup Holding perkebunan Nusantara yang sejak Juli 2021 tidak memiliki hutang perbankan. Dengan optimis yang tinggi PT Bukit Kausar mentargetkan akan mencetak laba yang lebih tinggi untuk tahun selanjutnya dengan meningkatkan akses sarana dan prasarana bagi pekerja untuk menunjang keberhasilan target tersebut. (LD)

Sumber: