Jelang Natal 2021 Dan Tahun Baru 2022, DISHANPAN Jambi Gelar Pangan Murah Melalui Pasar Mitra Tani

Jelang Natal 2021 Dan Tahun Baru 2022, DISHANPAN Jambi Gelar Pangan Murah Melalui Pasar Mitra Tani

JEKTV.co.id - JAMBI - Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi melalui bidang Distribusi dan Cadangan Pangan gelar Pasar Mitra Tani di halaman depan kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, kota baru, selasa (16/11/21).

Di Pasar Mitra Tani Jambi tersebut menjual 10 kebutuhan pokok strategis masyarakat yang dijual dengan harga lebih murah dari pasaran 10 hingga 20 persen. Seperti beras dijual dengan harga 9.000 per kg, telur 15.000 untuk 10 butir, gula pasir dengan harga 12.000 per kg, bawang putih 22.000, bawang merah 16.000 per kg, cabe merah 40.000 per kg, ayam 27.000 per kg, minyak goreng 17.000 per liter, daging 78.000 per kg dan cabai rawit setan 37.000 per kg.

Harga di Pasar Mitra Tani ini lebih murah dikarenakan bahan pangan yang dijual, didatangkan langsung dari petani binaan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi. Sehingga memotong rantai pasokan dan harganya jauh lebih murah dari pasaran.

“Bahan pangan yang dijual kita datangkan langsung dari petani binaan kita dan distributor, jadi kita memotong rantai pasok sehingga harganya jauh lebih murah,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, Ir. H. Amir Hasbi, ME.

Meski demikian harga yang dijual di Pasar Mitra Tani tersebut tetap sesuai dengan peraturan Menteri Perdagangan 57 tahun 2017, tentang penetapan harga eceran tertinggi (HET), seperti harga beras.

Sementara untuk harga kebutuhan pokok lainnya mengacu kepada peraturan menteri perdagangan nomor 7 tahun 2020, tentang harga acuan pembelian tingkat petani dan harga acuan tingkat konsumen.

Dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan provinsi Jambi,  Ir. H. Amir Hasbi, ME. , Pasar Mitra Tani ini juga akan digelar secara rutin guna menjaga stabilitas harga pangan di Provinsi Jambi khususnya jelang natal dan tahun baru.

“Kita akan gelar Pasar Mitra Tani ini juga seperti pada Car free day setiap minggu pagi di kawasan komplek perkantoran telanaipura, tugu keris, dan beberapa lokasi lainnya menggunakan mobil khusus, yang kemarin kita dapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Ini sebagai upaya menjaga stabilitas harga pangan khususnya jelang Natal dan Tahun baru” pungkasnya.(*)

Sumber: