Kades Tangguh Bupati Awards Tahun 2024 di Kabupaten Batanghari

Kades Tangguh Bupati Awards Tahun 2024 di Kabupaten Batanghari

Kades Tangguh Bupati Awards Tahun 2024 di Kabupaten Batanghari-Ist/ Jektvnews -

BATANGHARI, JEKTVNEWS.COM - Wakil Bupati BATANGHARI, Bakhtiar, menghadiri Sekaligus Membuka Acara Lomba Kades Tangguh Bupati Awards Tahun 2024. Bertempat di Ruang Kaca Rumah Dinas Bupati BATANGHARI. Senin (12/08/24). 

"Kegiatan Lomba Kades Tangguh Bupati Awards Tahun 2024." Evaluasi perkembangan desa sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Manteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan desa mempunyai 4 (empat) ruang lingkup. salah satunya adalah perlombaan desa

Kegiatan sedang dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Batanghari, adalah merupakan Implementasi dari Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Batanghari Tahun 2021-2026, dengan Visi Perubahan Arah Baru menuju Batanghari Tangguh (Terdepan, Agamis, Nyaman, Gotong Royong, Bermutu dan Harmonis yang mengusung 5 (lima) Misi, yaitu:

BACA JUGA:Usai Jalani Penahanan di Polda Jambi Selama 60 Hari, Ko Apex Dibebaskan

1. Terdepan dalam penguatan ketahanan Ekonomi berbasis daya saing pertanian dan Agrowisata untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan;

2. Memperkuat Akhlakul Karimah, sinergitas umaro dan ulama, semangat Gotong Royong dan kemandirian masyarakat sebagai Agen perubahan dan mempercepat pembangunan dan tatanan kehidupan masyarakat yang Agamis;

3. Menciptakan Ruang Kota yang Nyaman dan aman, serta menjamin tumbuhnya ruang berusaha dan iklim investasi yang sehat,

4. Mewujudkan peningkatan sumber daya manusia yang Bermutu dan Kompetitif;

5. Mengembangkan budaya birokrasi yang Harmonis serta sinergitas pembangunan daerah dan desa.

Maksud pelaksanaan Lomba Kades Tangguh ini adalah sebagai salah satu upaya pembinaan, pemberian penghargaan dan motivasi, semangat serta evaluasi sekaligus mendorong kepada Pemerintahan Desa agar dapat bersaing dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Dalam mengukur kinerja perkembangan desa, memiliki cara tangguh Untuk memberikan motivasi dengan membuat kompetisi pengembangan desa.

Sejalan dengan visi Kabupaten Batanghari 2021-2026 Perubahan manuju arah Batang Hari TANGGUH (Terdepan, Agamis, Nyaman, Gotong Royong Bermutu dan Harmonis) yang kemudian dituangkan dan diterapkan dalam kategori perlombaan yang dilaksanakan yaitu: Kades Tangguh Terdepan Kades Tangguh Agamis, Kades Tangguh Nyaman, Kades Tangguh Gotong Royong dan Kades Tangguh Harmonis serta Kades Tangguh Favorit.

Dengan kriteria penilaian dan Indikator serta data dukung masing-masing bidang lomba yang telah ditentukan oleh panitia lomba. 

Pada kegiatan lomba Kades Tangguh ini, dari 110 Desa, yang ikut berpartisipasi dalam mengikuti lomba sebanyak 68 desa dan yang memenuhi persyaratan sebanyak 42 desa.

Sumber: