Mari Kemari ke Nusantara, Pameran Perpindahan Ibu Kota Nusantara

Mari Kemari ke Nusantara, Pameran Perpindahan Ibu Kota Nusantara

Menteri PUPR RI Basuki -Ist/ Jektvnews -

JEKTVNEWS.COM - Dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Kementerian PUPR bekerja sama dengan Kementerian Sekretariat Negara, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Pameran Bersama Arsip Kepresidenan bertema "Mari Kemari ke Nusantara!" pada 8-20 Agustus di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

BACA JUGA:Sekolah Lansia Tangguh BKL Mentari Desa Sungai Baung

Pameran ini menampilkan 80 koleksi arsip tekstual, foto, dan memorabilia yang menggambarkan sejarah pemindahan ibu kota negara, mulai dari era Kerajaan Mataram hingga IKN saat ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pameran ini diharapkan memberikan informasi yang lebih luas dan terbuka kepada masyarakat tentang pembangunan IKN ditengah tingginya antusiasme masyarakat tentang proses pembangunan IKN.

Ia menekankan bahwa pemindahan ibu kota pemerintahan bukanlah hal baru, dan dalam sejarah Indonesia sudah beberapa kali terjadi pemindahan ibu kota, termasuk rencana pemindahan di masa lalu ke berbagai lokasi sebelum akhirnya diputuskan oleh Presiden Jokowi untuk dipindahkan ke Penajam Paser Utara.

BACA JUGA:Perkuat AHYPP, Yayasan AHM Dorong UMKM Bengkel Binaan Naik Kelas

Menteri Basuki juga menekankan bahwa pemindahan ini bukan sekadar perpindahan fisik gedung, tetapi juga mencerminkan transformasi cara pembangunan dan kerja pemerintahan.

Selain arsip, pameran ini juga menampilkan instalasi seni terkait ibu kota negara, dengan harapan pengunjung dapat memahami dan merasakan keberadaan serta maksud di balik pemindahan IKN.

BACA JUGA:Jelang ke IKN, BPIP Pastikan Kesiapan Calon Paskibraka

Setya Utama, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, berharap pameran ini dapat meyakinkan masyarakat akan tujuan baik dan rencana matang dari pemindahan ibu kota negara.

Sumber: