Wapres Ma'ruf Amin Ungkap Pentingnya Taman Balekambang dalam Menjaga Ekologis dan Pelestarian Budaya

Wapres Ma'ruf Amin Ungkap Pentingnya Taman Balekambang dalam Menjaga Ekologis dan Pelestarian Budaya

Wapres Ma'ruf Amin Ungkap Pentingnya Taman Balekambang dalam Menjaga Ekologis dan Pelestarian Budaya-Ist/ Jektvnews -

JEKTVNEWS.COM - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan penataan Taman Balekambang di Surakarta, Jawa Tengah (25/7).

Penataan Taman Balekambang seluas 12,8 ha merupakan bagian dari dukungan Kementerian PUPR terhadap pengembangan wisata edukasi yang berwawasan lingkungan serta pelestarian seni dan budaya.

"Kita patut bersyukur penataan kawasan Taman Balekambang telah selesai dan siap dibuka untuk umum. Taman ini tidak hanya berfungsi sebagai RTH namun juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat edukasi dan pusat kegiatan seni serta kebudayaan lokal," kata Wapres Ma'ruf Amin.

BACA JUGA:Acara Malam Apresiasi Satu Inspirasi Bersama B-Universe dan Disway

Wapres Ma'ruf Amin juga menekankan pentingnya Taman Balekambang dalam menjaga ekologis, pelestarian budaya, serta sebagai daya tarik wisata baru bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

Ia berharap taman ini memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat dan ekonomi Kota Surakarta.

Pekerjaan dalam penataan kawasan Taman Balekambang meliputi pembangunan amphiteater, revitalisasi gedung pertunjukan indoor, pendopo kedatangan, gastronomi, minapadi, lansekap, pagar keliling, drainase, skywalk, dan embung serta penataan Kolam Partini. 

BACA JUGA:Underpass Joglo di Surakarta November 2024 Ditargetkan Selesai

Menteri Basuki menyampaikan pentingnya menjaga keindahan dan kelestarian Taman Balekambang sebagai destinasi wisata rakyat yang tetap mempertahankan nilai sejarahnya sejak dibangun pada tahun 1921.

Sumber: