Waspada Karhutla, BPBD Catat Empat Kecamatan Miliki Lahan Gambut Dangkal

Waspada Karhutla, BPBD Catat Empat Kecamatan Miliki Lahan Gambut Dangkal

Animasi Kebakaran Hutan dan Lahan -YST-

BATANGHARI, JEKTVNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten BATANGHARI saat ini telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla di wilayah BATANGHARI. Salah satu langkah diantaranya, yakni melakukan pemetaan titik lahan yang berpotensi terjadinya kebakaran yang bisa bertahan lama. Dari hasil pemantauan, ada sebanyak empat kecamatan yang memiliki lahan gambut dangkal. 

BACA JUGA:Aksi Dramatis Penangkapan Perampok di Kota Jambi

Dalam mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di Kabupaten Batanghari, saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD setempat terus melakukan pemetaan terhadap wilayah rawan kebakaran. Dari hasil pemantauan yang dilakukan, ada sebanyak empat kecamatan memiliki lahan gambut dangkal.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batanghari, Syamral Lubis mengatakan, empat kecamatan ini rawan sekali jika terjadi kebakaran api dapat bertahan lama dan sedikit sulit untuk dipadamkan.

BACA JUGA:Hari Adat Melayu Jambi 2024, Gubernur Al Haris Dampingi Ketua LAM Kukuhkan Danrem dan 6 Tokoh Jambi

Adapun empat kecamatan yang rawan terjadi kebarakan yaitu Kecamatan Muara Bulian, Pemayung, Batin 24, dan Mersam. Sedangkan, empat kecamatan lainnya belum ditemukan lahan gambut.

Prediksi BMKG menyatakan bulan Juli 2024 telah memasuki musim kemarau. Dengan demikian, dalam hal ini dirinya berharap agar masyarakat dapat bekerjasama dengan pemerintah, untuk tidak melakukan aktivitas membuka lahan dengan cara membakar.

Sumber: