Nyaris Meledak, Sebuah Bom Kuno Berhasil Dijinakkan Tim Gegana Polda Jambi

Nyaris Meledak, Sebuah Bom Kuno Berhasil Dijinakkan Tim Gegana Polda Jambi

Animasi Bom -YST-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Tim Gegana Satbrimob Polda JAMBI berhasil menjinakkan sebuah granat yang nyaris meledak di Kelurahan Legok Danau Sipin, Kota JAMBI. Diketahui granat tersebut merupakan peninggalan marinir kekaisaran Jepang tahun 1939. Sebuah granat aktiv berhasil dijinakkan oleh Tim Gegana Satbrimob Polda JAMBI yang dipimpin oleh Ipda Suwandi selaku Plt Dansubden 2 Jibom Gegana Satbrimob Polda JAMBI, pada Rabu siang (03/07/2024).

BACA JUGA:Yenny Wahid Targetkan Dua Medali Emas untuk Panjat Tebing di Olimpiade 2024

Dikatakan oleh Herman, warga Legok Danau Sipin Kota Jambi, bom tersebut awal mulanya ditemukan oleh anak-anak yang sedang bermain di sungai. Saat menemukan besi tua tersebut, sempat di lontar-lontarkan dan dijadikan mainan bahkan ring sempat dicabut. Beruntung ketika ring dicabut itu patah, sehingga tidak menyebabkan ledakan.

Dengan panik, warga lalu mengamankan barang berbahaya tersebut dan dilaporkan ke Polsek Telanaipura. Tak lama berselang, Kapolsek Telanaipura AKP S Harefa bersama personel turun kelokasi untuk memberi garis polisi dan langsung menghubungi Kapolresta Jambi yang kemudian Kapolresta berkoordinasi dengan Gegana Brimob Polda Jambi. Setiba dilokasi, Tim Subden 2 Jibom Gegana Polda Jambi langsung melakukan aksi penjinakan dengan peralatan lengkap.

BACA JUGA:Yenny Wahid Targetkan Dua Medali Emas untuk Panjat Tebing di Olimpiade 2024

Pasca aksi penjinakan dilakukan, Ipda Suwandi selaku komandan operasi mengatakan, granat tersebut merupakan produksi Jepang tahun 1936 dan digunakan tahun 1939 berjenis TNT. Adapun efeknya, radius 30 meter ledakannya dapat mematikan, dan radius 50 meter melukai. Dan untuk granat sendiri lanjutnya, tidak ada istilah kadaluwarsa sehingga akan berpotensi meledak.

Sementara itu, AKP S Harefa mengatakan kepada masyarakat jika kedepan kembali menemukan granat, agar didiamkan saja dan melaporkan segera ke pihak kepolisian terdekat.

Sumber: