Untuk Meningkatan Pertanian, Pemkab Beri Bantuan 100 Unit Alsintan

Untuk Meningkatan Pertanian, Pemkab Beri Bantuan 100 Unit Alsintan

Mhd.Fadhil Arief, Bupati Batanghari beri bantuan Alsintan 100 unit-Jektvnews-

BATANGHARI, JEKTVNEWS.COM - Dalam percepatan musim tanam untuk peningkatan produksi pertanian, Pemerintah Kabupaten BATANGHARI kembali memberikan bantuan alat dan mesin pertanian atau alsintan sebanyak 100 unit. bantuan tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui pemerintah daerah.

Kabupaten Batanghari merupakan salah satu titik lokus wilayah pertanian terutama dalam bidang pangan. Dalam memajukan dan meningkatkan pertanian pada produksi padi, Pemerintah Kabupaten Batanghari berikan bantuan alat dan mesin pertanian atau alsintan sebanyak 100 unit.

BACA JUGA:Fraksi Demokrat Kebangsaan DPRD Kota Jambi Sampaikan Cara Pengoptimalan Pendapatan Daerah Kota Jambi

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief, yang disaksikan langsung oleh Asisten II Setda Batanghari, Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan, Kepala Dinas Perkebunan, para unsur Forkopimda serta para tamu undangan lainnya. Selain memberikan bantuan ke petani, Pemkab juga memberikan bantuan prestasi kepada para penyuluh pertanian terbaik.

Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengatakan, dalam upaya percepatan pembangunan ekonomi serta dukungan ketersediaan pangan daerah, maka sumber produksi tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perikanan dan perkebunan khususnya di pedesaan perlu menjadi perhatian dalam upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat pedesaan, sehingga akan berpengaruh terhadap capaian peningkatan nilai tukar petani. Pemerintah juga berkomitmen menjadikan pembangunan sektor pertanian sebagai satu prioritas pembangunan.

BACA JUGA:Fraksi PDI-Perjuangan DPRD Kota Jambi Pertanyakan Anggaran Pendapatan Kota Jambi

“Kita harus mendukung para petani dalam meningkatkan penambahan percepatan pangan. Fokus perhatian kita kali ini supaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat sehingga akan berpengaruh terhadap capaian peningkatan nilai tukar petani,” ujar Mhd.Fadhil Arief, Bupati Batanghari, Selasa (11/6).

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Batanghari Farizal mengatakan, penambahan percepatan pangan merupakan salah satu prioritas yang diutamakan oleh pemerintah daerah, dalam mewujudkan produksi beras dan jagung. Dengan adanya alsintan juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing pertanian.

BACA JUGA:Pemkab Muaro Jambi Gelar Pelepasan Kejari Saat Bertugas di Bumi Sailun Salimbai

Memudahkan petani dalam mengembangkan lahan pertaniannya, ditambah lagi Batanghari juga merupakan salah satu wilayah yang memiliki lahan pertanian yang sangat luas. Ratusan unit bantuan yang alsintan yang diberikan dari APBN 2024 ini berupa 45 unit pompa air dan 55 unit traktor roda 

Sumber: