Dugaan Pemalsuan Dokumen Oleh Oknum DPRD Kerinci, Koalisi Masyarakat Peduli Jambi Gelar Aksi Demo

Dugaan Pemalsuan Dokumen Oleh Oknum DPRD Kerinci, Koalisi Masyarakat Peduli Jambi Gelar Aksi Demo

indikasi pemalsuan dokumen oknum anggota DPRD Kerinci-Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Sebuah aksi unjuk rasa berlangsung di depan Kantor KPU dan Bawaslu Provinsi Jambi pada Senin pagi 3 Juni 2024. Sekelompok orang yang bernaung di bawah Koalisi Masyarakat Peduli Jambi (Kompej) berdemo menyuarakan dan mempertanyakan keadilan terkait dugaan indikasi pemalsuan dokumen oknum anggota DPRD Kabupaten Kerinci.

Dengan semangat yang membara, puluhan massa yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Peduli Jambi, berdemo dengan mengusung pesan tuntutan untuk kejelasan dan keadilan terhadap dugaan penyalahgunaan ijazah palsu oleh seorang anggota DPRD Kabupaten Kerinci, berinisial A.

Harmo Karimi, selaku koordinator aksi, saat di wawancarai mengungkapkan, harapan diadakan demo ini ialah supaya KPU menunda pelantikan anggota DPRD Kerinci yang juga caleg terpilih DPRD Provinsi Jambi berinisial A ini supaya ditunda pelantikannya sebagai DPRD Provinsi Jambi terpilih, karena menurut Harmo, berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber, pihaknya menemukan adanya indikasi pemalsuan ijazah yang mana dilakukan oleh oknum tersebut.

BACA JUGA:Nasdem Resmi Mengusung HAR Sebagai Bakal Calon Wali Kota Jambi 2024

Atas indikasi itu, pihaknya juga telah melapor ke Polda Jambi dengan harapan adanya upaya usut selidik maupun penyidikan yang dilakukan pihak penegak hukum tersebut.

“Kita demo dalam rangka dugaan permainan ijazah palsu caleg DPRD Provinsi Jambi tahun 2024, tujuan kita dari dugaan itu yaitu meminta KPU Jambi untuk merekomendasikan penundaan pelantikan nama yang ada dua orang yang telah memakai ijazah palsu untuk pencalonan sebagai anggota DPRD,” ujar Harmo Karimi , Koordinator Aksi , Senin (3/6).

Terpisah, saat ditemui di kediamannya, pengamat politik Provinsi Jambi Aidil Putra menuturkan, dari demonstrasi yang terjadi di KPU dan Bawaslu yang dilakukan masyarakat, ia mengharapkan aparat penegak hukum dalam hal ini Kepolisian Polda Jambi untuk segera mengusut laporan yang telah dimasukkan terkait indikasi kecurangan pemalsuan ijazah oknum DPRD Kerinci sekaligus caleg terpilih Provinsi Jambi 2024 ini. 

BACA JUGA:100 Kursi Roda Tiba di Bandara Madinah, Dukung Program Haji Ramah Lansia

Kemudian untuk KPU ia berharap agar lebih jeli dalam hal verifikasi dokumen caleg, karena fenomena oknum caleg yang terindikasi kecurangan dokumen ini bisa saja mencoreng demokrasi.

Selain itu, Aidil juga berharap agar partai pengusung juga mampu jeli dalam menilai dokumen caleg yang akan di usung, jangan sampai adanya problem.

Terakhir, ia juga menambahkan, terlepas dari dugaan yang terjadi ini, ia sangat mengharapkan peran aparat kepolisian dalam mengusut agar tidak terjadi kebingungan, dan pertanyaan publik untuk keadilan bisa terjawab.

BACA JUGA:Tiba di Jeddah, Jemaah Haji Indonesia Dapatkan Air Zam-zam Gratis

“Saya dengar orang tersebut juga sudah duduk sebagai anggota DPR dua periode di Kabupaten Kerinci dan ini sudah dilaporkan adanya dugaan pemalsuan ijazah atau hal-hal lainnya, di Polda Jambi. Saya berharap Polda Jambi dalam hal ini segera menindak lanjuti atas laporan-laporan yang dibuat dan dilaporkan oleh teman-teman,” ucap Aidil Putra , Pengamat Politik Provinsi Jambi , Senin (3/6).

Sumber: