Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Naik Menjelang Idul Adha

Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Naik Menjelang Idul Adha

Pasar tradisional yang ada di Kabupaten Batanghari-Jektvnews-

BATANGHARI, JEKTVNEWS.COM - Harga sejumlah komoditi pangan di BATANGHARI, jelang Idul Adha beranjak mengalami kenaikkan. Hal itu, dikarenakan pasokan yang terganggu serta diikuti trend hari besar keagamaan.

Trend kenaikkan harga komoditi pangan di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Batanghari, mulai berangsur mengalami kenaikkan. Bahkan dalam satu pekan terakhir ini lonjakan harga begitu tampak di cabai merah keriting, dengan harga jual saat ini 60 ribu rupiah perkilogram.

BACA JUGA:Bantu Kendalikan Inflasi, PTPN IV PalmCo Salurkan Ribuan Paket Sembako Gratis di Lima Regional

Kondisi ini pun juga diikuti bawang merah yang awal hanya dijual berkisar 30 ribu rupiah, namun kini sudah menjadi 50 ribu rupiah perkilogramnya, sesuai kualitas ataupun jenis dari bawang yang perjual belikan. 

Petugas Enumurator Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Batanghari Tommi Rivaldi mengatakan, kenaikkan sejumlah pangan ini dikarenakan pasokan yang sedikit terganggu akibat faktor cuaca, serta memasukinya momentum hari besar keagamaan Idul Adha.

BACA JUGA:Kebocoran Saluran Minyak Mentah ,Hal Ini Diduga Akibat Ulah Pencuri

“Kalau dari sisi harga misalnya dari cabe itu dalam 3 hari ini saja sudah mengalami kenaikan setiap harinya. Dari cabe di hari Minggu harganya Rp 40.000 per kilo dan di hari Seninnya naik menjadi 45.000 per kilo, kemudian di hari Selasa mengalami kenaikan lagi menjadi 48.000 per kilo dan hari ini yang mengalami kenaikan yang sangat signifikan yaitu mencapai 60.000 per kilo,” ungkapnya, Kamis (29/5).

Sementara itu, meski terjadinya kenaikkan harga, dipastikan ketersediaan pangan ini cukup aman untuk memenuhi permintaan masyarakat hingga hari raya Idul Adha nanti.

Sumber: