Senandung Jolo, Seni Vokal Tradisinal Muaro Jambi Raih Rekor Dunia

Senandung Jolo, Seni Vokal Tradisinal Muaro Jambi Raih Rekor Dunia

Pagelaran Senandung Jolo oleh 1.012 siswa-siswi-Jektvnews-

MUARO JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi, sukses melaksanakan kegiatan Senandung Jolo raih rekor dunia yang diikuti 1.012 siswa-siswi SMP se-Kabupaten Muaro Jambi.

Inilah pagelaran Senandung Jolo oleh 1.012 siswa-siswi di jalan utama Komplek Perkantoran Bupati Bukit Cinto Kenang. Kegiatan ini dihadiri oleh Andre Purwandono selaku Operation Manager Musium Rekor Indonesia, PJ Bupati Bachyuni Delianyah serta Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono, Forkompimda dan seluruh guru dan siswa yang terlibat dalam pagelaran Senandung Jolo dengan berbahan baku kayu mahang.

BACA JUGA:Penjualan Air Minum Brand Lokal Jambi Saingi Brand Internasional Dimusim Pancaroba

Disampaikan oleh Andre Purwandono, kegiatan ini sangat luar biasa yang dilakukan di Muaro Jambi, pagelaran Senandung Jolo oleh siswa terbanyak. Pada awalnya diklaim sebanyak 1000 siswa, namun setelah kami hitung jumlahnya ada 1.012 siswa. Dengan ini, Senandung Jolo tercatat sebagai rekor dunia karena diyakini hanya ada di Muaro Jambi.

“Senandung Jolo ini merupakan sebuah kesenian yang sudah sejak dulu yang berawal dari Dusun Tanjung. Kemudian dikembangkan hingga saat ini, yang tentunya sangat luar biasa dan memiliki ciri khas yang sama. Oleh karena itu, setiap kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia tidak bisa dibandingkan, karena setiap daerah berbeda-beda. Kami berharap nanti ketika Senandung Jolo ini akan diajukan sebagai warisan UNESCO, nih bisa mempermudah warisan di Indonesia,” ujarnya, Kamis (2/5). 

BACA JUGA:Cuaca di Jambi Tak Menentu, Praktisi Kesehatan Sarankan Konsumsi Vitamin Pilihan

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi, Firdaus mengatakan kegiatan ini telah disiapkan sejak beberapa bulan lalu. Ribuan siswa yang dilibatkan bermain Senandung Jolo tersebut diambil dari 32 sekolah tingkat SMP yang ada di 11 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muaro Jambi. Untuk tujuan dari pagelaran Senandung Jolo adalah untuk mengangkat dan mensosialisasikan musik Senandung Jolo kepada masyarakat luas.

PJ Bupati Bachyuni Deliansyah menyampaikan ucapan terima kasih. Dirinya bangga dengan kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi, yang telah sukses membina siswa-siswi dalam melestarikan budaya dan kearifan lokal khas Kabupaten Muaro Jambi.

BACA JUGA:Penegak Hukum Terpadu Jambi Sampaikan Hasil Temuan Pergeseran Suara di Sarolangun

“Saya Bupati mewakili seluruh masyarakat, mengucapkan terima kasih kepada seluruh anak-anak yang sudah membuktikan bahwa pemerintah mampu bersaing. Walaupun, kita bukan siapa-siapa, tapi hari ini kita buktikan kalau kita bisa lebih baik. Saya berharap pada tingkat nasional bisa ditingkatkan ke internasional, ini luar biasa bagi saya dan juga jadilah yg terbaik untuk Provinsi Jambi,” ucapnya. 

Untuk diketahui, Senandung Jolo merupakan salah satu jenis seni vokal tradisional dari Kelurahan Tanjung, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Dan dikategorikan sebagai sastra tutur, karena bentuk sajian berupa pantun diiringi alat musik gambang.

 

Sumber: