TNI AL Selalu Bersinergi Memantau Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Roro

TNI AL Selalu Bersinergi Memantau Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Roro

Pos TNI AL-Jektvnews-

TANJAB BARAT, JEKTVNEWS.COM - Pos TNI Angkatan Laut Kuala Tungkal dalam moment arus balik Lebaran, hingga saat ini tetap bersinergi bersama petugas gabungan yang ada di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal, sebab TNI AL turut berfungsi melakukan pengamanan disejumlah Pelabuhan yang ada di Kota Kuala Tungkal, terkhusus di Pelabuhan Penyeberangan Roro Kuala Tungkal.

Bukan hanya pada moment arus balik Lebaran saja, namun pangkalan TNI AL Palembang dan pos TNI AL Kuala Tungkal, selalu bersinergi bersama petugas terkait disejumlah pelabuhan yang ada di Kota Kuala Tungkal, terutama di Pelabuhan Penyeberangan Roro Kuala Tungkal. 

BACA JUGA:Deteksi Dini Gangguan Keamanan dan Ketertiban di Lapas Perempuan Jambi

Tak khayal jika terdapat penumpang yang datang dari Batam maupun berangkat ke Batam, TNI AL selalu hadir memantau serta siap siaga melakukan pengamanan. Sebab terdapat fungsi TNI AL, yakni melaksanakan tugas TNI matra laut di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan menjaga keamanan di Wilayah Laut Yuridiksi Nasional sesuai dengan ketentuan hukum internasional yang telah diratifikasi, terkhusus diperairan laut Kuala Tungkal. 

Dalam kesempatan ini Komandan Posal Jambi Kuala Tungkal Kapten Laut (P) Agus Toha Tohid mengatakan, tentunya pada moment arus balik Lebaran hingga saat ini, ia selaku komandan selalu monitoring serta memantau aktivitas di Pelabuhan Roro sejak arus balik Lebaran, terkhusus memantau penumpang yang membeli tiket secara berantrian. 

Selain itu untuk ombak di laut sendiri kondisi normal atau ombak tidak tinggi. Namun, para nahkoda kapal tetap diminta untuk sediakan pelampung atau alat safety dikapal, sebab ini sangat penting untuk keselamatan penumpang.

BACA JUGA:Penyelundupan 19 Kg Sabu Lewat Perairan ke Malaysia Gagal Dilakukan

“Saya sampaikan gambaran umum untuk arus perjalanan balik saat ini kondisi cukup kondusif, cuaca cerah berawan, terjadi hujan terjadi sekitar jam 12 siang. Hal ini belum menjadi halangan bagi pemudik. Yang menjadi satu pertimbangan disini di Kuala tungkal adalah kondisi air laut pasang dan surut, itu ya mempengaruhi keberangkatan dan kedatangan kapal,” ujarnya.

“Secara garis besar perjalanan lancar, pemesanan ticket juga lancar. Kendala-kendala kita coba upayakan optimalkan dengan realistis dengan menginformasikan kepada masyarakat terkait keberangkatan dan kedatangan kapal,” pungkasnya.

Sementara itu, pengawas dari BPTD Klas II Jambi Pelabuhan Roro Kuala Tungkal, Manalu mengatakan, antisipasi lonjakan penumpang arus balik ini terus terjadi hingga saat ini. Namun disini keselamatan penumpang tetap diutamakan.

BACA JUGA:Masjid Al Falah di Jambi Suka Dijadikan Pilihan Tempat untuk Akad Nikah

Untuk sementara hewan ternak kambing dilarang masuk kapal, terkhusus jika penumpang arus balik tujuan Batam dalam keadaan penuh atau ramai, karena kenyamanan penumpang didalam kapal turut diutamakan. Selain itu, hingga saat ini kendala apapun tidak ditemukan selama moment arus balik. Dan hingga saat ini, baik penumpang maupun kendaraan melalui Pelabuhan Penyeberangan Roro Kuala Tungkal berjalan aman dan lancar.

“Dari beberapa plus kemarin, kita penumpang ramai terus. Tapi kita sudah antisipasi dua kapal setiap hari. Tapi kapal sudah tidak dua lagi, satu penumpang tetap mengalir. Jadi untuk antisipasi yaitu penumpang tetap terangkut semua, kita tetap mengutamakan keselamatan diatas kapal,” ujarnya.

 

Sumber: