Siapkan Oleh-oleh Khas Jambi untuk Mudik Lebaran 2024 ke Kampung Halaman

Siapkan Oleh-oleh Khas Jambi untuk Mudik Lebaran 2024 ke Kampung Halaman

Kopi AAA-ist-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Mudik Lebaran 2024 ke JAMBI akan terasa kurang lengkap tanpa membawa oleh-oleh khas untuk keluarga dan teman di kampung halaman. Berikut beberapa makanan khas JAMBI yang bisa dijadikan oleh-oleh:

1. Dodol Kentang:

Dodol kentang merupakan makanan khas JAMBI yang terbuat dari kentang, santan, gula merah, dan kayu manis. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat dodol kentang digemari banyak orang. Dodol kentang tersedia dalam berbagai rasa, seperti original, durian, dan pandan.

BACA JUGA:101.178 Kendaraan Sudah Mulai Melakukan Perjalan Mudik Lebaran 2024 Lewat Gerbang Tol

2. Gulai Tepek Ikan:

Gulai tepek ikan adalah masakan tradisional Jambi yang terbuat dari ikan air tawar seperti gurame, nila, atau lele yang dibumbui dengan rempah-rempah dan santan. Gulai tepek ikan biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal terasi.

3. Kue Lemang:

Kue lemang adalah kue tradisional yang terbuat dari beras ketan yang dimasak di dalam bambu. Kue lemang memiliki rasa yang gurih dan aroma yang khas. Kue lemang biasanya disajikan dengan rendang atau sambal lado mudo.

4. Tempoyak:

Tempoyak adalah fermentasi durian khas Jambi yang memiliki rasa asam dan pedas. Tempoyak biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, seperti sambal tempoyak dan ikan patin tempoyak.

BACA JUGA:Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Bandara Soekarno-Hatta Mencapai 188.795 Penumpang

5. Kopi AAA:

Kopi AAA merupakan kopi robusta khas Jambi yang memiliki rasa yang kuat dan khas. Kopi AAA telah mendapatkan sertifikasi internasional dan diekspor ke berbagai negara.

6. Teh Kayu Aro:

Teh kayu aro adalah teh hitam yang ditanam di daerah Kerinci Jambi. Teh kayu aro memiliki aroma yang harum dan rasa yang khas. Teh kayu aro dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

7. Sirup Kayu Manis:

Sirup kayu manis adalah sirup khas Jambi yang terbuat dari kayu manis, gula merah, dan air. Sirup kayu manis memiliki rasa yang manis dan aroma yang harum. Sirup kayu manis dapat dinikmati dengan dicampurkan air atau dicampur dengan es batu.

BACA JUGA:Puncak Arus Mudik Lebaran 2024, Jumlah Penumpang Pesawat Mencapai 313.170

8. Keripik Nanas:

Keripik nanas adalah keripik yang terbuat dari buah nanas. Keripik nanas memiliki rasa yang manis dan gurih. Keripik nanas tersedia dalam berbagai rasa, seperti original, balado, dan barbeque.

9. Kue Sepet:

Kue sepet adalah kue tradisional Jambi yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan santan. Kue sepet memiliki rasa yang manis dan gurih. Kue sepet biasanya disajikan dengan teh atau kopi.

BACA JUGA:2.559 Konsumen Setia Honda Mudik Lebaran 2024 Bersama ke Kampung Halaman

10. Batik Jambi:

Batik Jambi adalah batik khas Jambi yang memiliki motif yang unik dan indah. Batik Jambi dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman yang menyukai batik.

Sumber: