Taman Pedesterian Jomblo, Pemkot Jambi Gelar Gerakan Pangan Murah

Taman Pedesterian Jomblo, Pemkot Jambi Gelar Gerakan Pangan Murah

Pemkot Jambi Gelar Gerakan Pangan Murah-ist-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Pemerintah Kota JAMBI kembali menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) bagi masyarakat, di Kawasan Tugu Keris Siginjai Taman Pedesterian Jomblo Kotabaru, Senin (1/4).

Kegiatan yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia tersebut, dirangkai dengan Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) jelang Idul fitri 1445 H/2024 dan juga Rakor Pengendalian Inflasi Nasional dan Daerah bersama Kemendagri.

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Penjabat Wali Kota JAMBI, Sri Purwaningsih. Selain mengikuti rangkaian acara secara daring, acara tersebut juga dirangkai dengan penyerahan secara simbolis bantuan Cadangan beras Pemerintah (CBP) bagi masyarakat Kota JAMBI periode April 2024.

Seperti pelaksanaan GPM sebelumnya, GPM serentak kali ini juga dirangkaikan dengan operasi pasar murah sembako, gelar pasar tani dan produk unggulan UMKM Kota JAMBI. Harga komoditas yang dijual jauh di bawah Harga pasar, membuat kegiatan ini ramai dipadati warga.

"Alhamdulillah di negara kita, semuanya bergerak bersama-sama dari pusat sampai daerah untuk bekerja mengendalikan inflasi," ungkap Penjabat Wali Kota JAMBI, Sri Purwaningsih dalam sambutannya.

Tren kenaikan inflasi menurut Sri saat ini menjadi perhatian semua pihak. Dirinya sampaikan bahwa pihaknya bersama jajaran Forkompimda dan stakeholder lain, telah berupaya secara sungguh-sungguh untuk mengendalikan inflasi. Salah satunya dengan mengecek langsung ke pasar, gudang-gudang Bulog, agen, dan distributor, untuk memastikan ketersediaan pasokan Pangan.

"Untuk memastikan ketersediaan pasokan dan Harga yang terjangkau. Saya bersama Pak Sekda, Tim TPID dan Forkopimda, juga intens melakukan tindakan dan langkah-langkah konkret, juga intervensi untuk memastikan bahwa pasokan dan harganya juga terkendali," tegas Sri.

Selain langkah intervensi pasar jelas Sri, Pemkot JAMBI juga melakukan langkah untuk mendekatkan pasar ke tengah masyarakat. Upaya yang dilakukan menurutnya selain Operasi pasar, Bazar pasar Murah Bersubsidi, juga melalui kegiatan Gelar Pangan Murah yang diinisiasi oleh pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional.

"Berbagai operasi pasar murah itu kita lakukan di seluruh kecamatan-kecamatan supaya masyarakat bisa mengakses langsung pasar-pasar yang murah harganya, kualitas barangnya juga bagus dan tujuannya adalah supaya masyarakat kita terbantu daya belinya. Selain itu juga untuk masyarakat yang perlu perhatian lebih oleh pemerintah, kita berikan bansos, berupa paket sembako dan uang tunai," pungkasnya.

Kegiatan GPM ini sendiri akan berlangsung setiap bulannya di seluruh kecamatan dalam wilayah Kota JAMBI. Kegiatan ini selain merupakan rangkaian program kegiatan Pemerintah Kota JAMBI dalam upaya menjaga ketersediaan dan keterjangkauan Harga Pangan bagi masyarakat, juga merupakan upaya konkret dalam pengendalian Inflasi di Kota JAMBI.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kota JAMBI A.Ridwan, Kepala Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi JAMBI, Robby Fathir, Jajaran Forkompimda Kota JAMBI, Perum Bulog JAMBI, Kepala BPS Kota JAMBI Refia, Kepala Bank JAMBI Cabang Soetomo, dan perangkat daerah Pemkot JAMBI. Kotabaru, Senin (1/4).

Kegiatan yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia tersebut, dirangkai dengan Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) jelang Idulfitri 1445 H/2024 dan juga Rakor Pengendalian Inflasi Nasional dan Daerah bersama Kemendagri.

BACA JUGA:Selama Mudik Lebaran 2024, Tarif 2 Ruas Tol Trans Sumatra Diskon 20 Persen

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Penjabat Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih. Selain mengikuti rangkaian acara secara daring, acara tersebut juga dirangkai dengan penyerahan secara simbolis bantuan Cadangan beras Pemerintah (CBP) bagi masyarakat Kota Jambi periode April 2024.

Seperti pelaksanaan GPM sebelumnya, GPM serentak kali ini juga dirangkaikan dengan operasi pasar murah sembako, gelar pasar tani dan produk unggulan UMKM Kota Jambi. Harga komoditas yang dijual jauh di bawah harga pasar, membuat kegiatan ini ramai dipadati warga.

"Alhamdulillah di negara kita, semuanya bergerak bersama-sama dari pusat sampai daerah untuk bekerja mengendalikan inflasi," ungkap Penjabat Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih dalam sambutannya.

BACA JUGA:Jelang Idul Fitri, Indeks Harga Pangan Tanjab Barat Masih Stabil di Angka 1,4%
Tren kenaikan inflasi menurut Sri saat ini menjadi perhatian semua pihak. Dirinya sampaikan bahwa pihaknya bersama jajaran Forkompimda dan stakeholder lain, telah berupaya secara sungguh-sungguh untuk mengendalikan inflasi. Salah satunya dengan mengecek langsung ke pasar, gudang-gudang Bulog, agen, dan distributor, untuk memastikan ketersediaan pasokan pangan.

"Untuk memastikan ketersediaan pasokan dan harga yang terjangkau. Saya bersama Pak Sekda, Tim TPID dan Forkopimda, juga intens melakukan tindakan dan langkah-langkah konkret, juga intervensi untuk memastikan bahwa pasokan dan harganya juga terkendali," tegas Sri.

Selain langkah intervensi pasar jelas Sri, Pemkot Jambi juga melakukan langkah untuk mendekatkan pasar ke tengah masyarakat. Upaya yang dilakukan menurutnya selain Operasi Pasar, Bazar Pasar Murah Bersubsidi, juga melalui kegiatan Gelar Pangan Murah yang diinisiasi oleh pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional.

"Berbagai operasi pasar murah itu kita lakukan di seluruh kecamatan-kecamatan supaya masyarakat bisa mengakses langsung pasar-pasar yang murah harganya, kualitas barangnya juga bagus dan tujuannya adalah supaya masyarakat kita terbantu daya belinya. Selain itu juga untuk masyarakat yang perlu perhatian lebih oleh pemerintah, kita berikan bansos, berupa paket sembako dan uang tunai," pungkasnya.

Kegiatan GPM ini sendiri akan berlangsung setiap bulannya di seluruh kecamatan dalam wilayah Kota Jambi. Kegiatan ini selain merupakan rangkaian program kegiatan Pemerintah Kota Jambi dalam upaya menjaga ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan bagi masyarakat, juga merupakan upaya konkret dalam pengendalian Inflasi di Kota Jambi.

BACA JUGA:Zayadi Harapkan Masyarakat di Kota Jambi Dapat menunaikan pembayaran Zakat fitrah

Turut hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kota Jambi A.Ridwan, Kepala Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Robby Fathir, Jajaran Forkompimda Kota Jambi, Perum Bulog Jambi, Kepala BPS Kota Jambi Refia, Kepala Bank Jambi Cabang Soetomo, dan perangkat daerah Pemkot Jambi.

Sumber: